Runtuhnya Puncak Garuda

Merapi, sampai artikel ini turun, masih terus menggeliat dan memuntahkan lahar yang mengakibatkan meluncurnya wedus gembel ke daerah - daerah yang terlalui tiupan angin.

Miris dan khawatir tentunya. Geliat itu terus membahana dan menimbulkan kepanikan warga yang berdiam di kaki Merapi.

Sebelum itu terjadi, Indikasi yang menguatkan kemungkinan Gunung Merapi akan mengurai cairan inti bumi ke permukaan daratan di Yogyakarta dan sekitarnya, sudah bermunculan.

Harimau, kera, bermacam burung, dan lainnya, turun gunung hijrah dari tempat asal. Tangisan Gunung Merapi tentunya akan mengakibatkan berubahnya morfologi gunung.

Merapi kini dengan amukannya tentu telah banyak merubah peta lokasi di alamnya. Satu di antaranya adalah Puncak Garuda, yang menjadi titik terakhir pijakan kaki pendaki, sebagai puncak tertinggi.

Meletusnya Gunung Merapi otomatis akan melenyapkan puncak lama sekaligus memunculkan Puncak Garuda baru. Letak Puncak Garuda baru di mana, entahlah. Hanya para pendaki dan Tuhan yang tahu.

 Runtuhnya Puncak Garuda

 Runtuhnya Puncak Garuda

 Runtuhnya Puncak Garuda

Jadi teringat kembali pendakian menuju puncak Garuda Merapi dari masa ke masa. Alam yang liar dan tandus menjelang Pasar Bubrah Merapi yang terkenal hingga ke puncak Garuda yang menjadi lambang tercapainya puncak tertinggi Merapi.

Posisi puncak Garuda membelakangi kawah aktif yang terus mengeluarkan asap dan bau belerang serta bunyi yang terkadang membuat jantung serasa berhenti.

Kini, Merapi terbatuk dan mungkin juga sedang bersih - bersih, karena onggokan sampah yang di tinggalkan para pendaki yang katanya "Pecinta Alam" , teramat sulit untuk di bersihkan secara manual.  

Belantara Indonesia pernah dan sering melakukan bersih gunung di Merapi maupun Merbabu, tetapi dari waktu ke waktu tumpukan sampah serasa membumi!

Kini sampah telah hilang seiring gemuruh longsoran lava menuju ke bawah gunung. Ternyata Merapi punya cara sendiri untuk membersihkan diri.

Kini, serasa lama menunggu Merapi baik kembali, ingin menapakinya dan menjenguk puncak garuda, seperti apa dan dimana lokasi barunya kini. Ingin juga mengulang menancapkan merah putih di sana seperti yang telah dan pernah terjadi.

Semoga puncak garuda tetap ada dan menjadi kebanggaan pendaki dalam menapaki puncak Merapi. Runtuhnya puncak Garuda semoga tergantikan oleh puncak garuda lain yang lebih gagah dan mencerminkan keberanian. Semoga.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×