Gunung Tropis Bersalju Abadi

Gunung tropis bersalju abadi, itulah Piramida Cartenz atau Cartenz Pyramid di Papua, Indonesia. Salah satu gunung kebanggaan Indonesia karena gunung itulah salah satu gunung tujuan pendakian Seven Summits dunia. Sejajar dengan Everest, Aconcagua, McKinley dll. Memang bukan hal mudah menggapai Cartenz, karena banyak prosedur baku yang harus diselesaikan pendaki untuk menggapai puncaknya.


Heinrich Harrer, penulis buku terkenal yang menulis “Tujuh Tahun di Tibet”, selalu terpesona oleh Puncak Jayawijaya di Papua. 12 tahun setelah kembali dari Tibet pada tahun 1950, Heinrich Harrer bersama dengan tiga temannya, Temple, Kippax dan Huizinga, memutuskan untuk mendaki Puncak Jayawijaya. Pada tahun 1962 mereka menjadi pendaki pertama yang mencapai puncak Carstensz ( Jayawijaya ), salah satu dari 7 gunung tertinggi di dunia.

Puncak Jayawijaya, lebih dikenal oleh para pendaki gunung sebagai Piramida Carstensz yang memiliki ketinggian 4.844 meter di atas permukaan laut, dan selama berabad - abad telah manarik minat terutama para petualang dan pendaki gunung yang ingin mencapai gletser abadi khatulistiwa. Pada 1623, seorang penjelajah Belanda, Jan Carstensz, melihat gunung yang tertutup salju dan menamakan gunung itu dengan nama belakangnya. Fenomena alam ini sangat jarang karena es alami biasanya tidak turun di sepanjang khatulistiwa. Sayangnya, penurunan gletser yang signifikan telah ditemukan pada beberapa lokasi seperti di Puncak Trikora dan Glacier Meren antara 1939, 1962 dan 1994 hingga tahun 2000. Salju abadi yang luas ini masih sangat mengagumkan.


Pendakian ke puncak memerlukan teknik khusus dan mendaki medannya hanya direkomendasikan bagi pendaki yang berpengalaman. Terdapat tiga pendakian tersulit dari lima titik pendakian. Menjadikan puncak ini sebagai salah satu puncak paling sulit untuk didaki di dunia, dan puncak tertinggi antara Andes dan Himalaya. Jika anda behasil mencapai Puncak Carstensz maka jeritan kemenangan dan kegembiraan akan anda teriakan di puncak Jayawijaya.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×