Enam Camp Area Favorit

Dalam kegiatan mendaki gunung, sebelum melakukan summit attack atau menempuh jalur menuju puncak, biasanya para pendaki akan beristirahat di wilayah tertentu dengan membuka tenda.

Enam Camp Area Favorit

Fungsi utamanya adalah memulihkan kembali tenaga yang terkuras, agar saat melakukan pendakian ke puncak, tenaga tidak langsung drop.

Biasanya di gunung - gunung ada camp area untuk beristirahat yang letaknya tidak jauh dari batas vegetasi hutan.

Dan berikut ini enam Camp Area favorit. Tentunya tentang favorit adalah masalah pilihan rasa, yang masing - masing pendaki memiliki pandangan yang tidak selalu sama.

1. Alun-alun Suryakencana ( 2.750 M dpl )


Enam Camp Area Favorit

Ini merupakan tempat favoritnya Soe Hoek Gie, jika Anda merencanakan melakukan pendakian ke Gede Pangrango, jangan lupa memasukkan Alun-Alun Suryakencana ke dalam rencana tempat camp Anda nantinya. Karena sejauh mata memandang Anda akan di suguhkan hamparan bunga Edelweis yang meneduhkan mata.

2. Simpang Pestan ( 2.437 M dpl )


Enam Camp Area Favorit

Pestan merupakan singkatan dari Pasar Setan. Tempat ini sangat di keramatkan oleh penduduk sekitar dan pendaki tentunya.

Saat berada di sini dilarang mengeluh karena hanya akan mengakibatkan fisik menjadi drop. Pestan sangat di rekomendasikan menjadi tempat camp sebelum Anda melakukan summit attack. Karena setelah pestan, jalur yang Anda lalui medannya menanjak terus.

3. Pasar Bubrah ( 2.490 M dpl )


Enam Camp Area Favorit

Sebuah tempat datar yang menjadi camp terakhir pendaki untuk mendaki gunung Merapi. Dulunya Pasar Bubrah merupakan bekas kawah ratusan tahun yang lalu yang telah mati.

4. Lembah Kijang ( 2.300 M dpl )


Enam Camp Area Favorit

Lembah kijang merupakan salah satu tempat lapang yang terdapat di jalur pendakian gunung Arjuno via tretes. Disini terdapat sumber mata air seperti air terjun kecil dan tempatnya sangat strategis untuk berkemah / bermalam sebelum Anda melakukan kegiatan summit attack.

Tempat ini sebenarnya cukup dekat dengan pos pondokan kira - kira 20 menit berjalan kaki. Pemandangannya cukup mengesankan seperti melihat padang Sabana yang luas diselingi oleh pepohonan pinus.

5. Kalimati ( 2669 M dpl )


Enam Camp Area Favorit

Sebelum melakukan summit attack, biasanya seseorang yang mendaki Gunung Semeru akan memutuskan mendirikan tendanya di Arcopodo atau di Kalimati.

Kedua tempat ini memiliki keunggulan masing - masing. Di Arcopodo setidaknya kita bisa lebih dekat ke arah puncak, namun view daerah lapang hanya kita dapatkan jika kita ngecamp di Kalimati.

Sama seperti tipikal Suryakencana, Kalimati di dominasi oleh padang Sabana. Di tempat ini kita bisa melihat megahnya puncak Mahameru yang selang beberapa waktu mengeluarkan wedus gembelnya.

6. Pelawangan Sembalun ( 2639 M dpl )


Enam Camp Area Favorit

Pelawangan Sembalun merupakan area camp terakhir sebelum memutuskan summit attack ke Rinjani. Di tempat ini Anda bisa melihat kecantikan Segara Anak dan puncak Rinjani dengan jalur tanjakkannya yang terlihat jelas.

Di sarankan, untuk mendirikan tenda tidak di tempat terbuka, karena pada malam hari angin yang bertiup tergolong besar. 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×