Gunung Purba Di Yogyakarta

Yogyakarta, kita kenal dengan kota budaya dan aneka bentuk keaneka ragaman kuliner yang mampu memanjakan para pengunjungnya. Yogyakarta juga memiliki panorama alam yang memikat, salah satunya di kawasan Gunung Kidul, yang selain mempunyai jajaran pantai yang eksotis, juga mempunyai gunung api purba, Nglanggeran yang cocok di daki pada malam hari.

www.belantaraindonesia.org
Tebing Hijau di Nglanggeran
Tak banyak yang tahu kalau Yogyakarta punya gunung purba, sama seperti situs Gunung Padang yang ada di Jawa Barat. Terletak sekitar 22 kilometer dari Wonosari, Gunung Nglanggeran punya kontur unik yang tersusun oleh material vulkanik. Tak heran, karena konon 70 tahun yang lalu gunung ini sempat aktif.

Tetapi tenang saja, sekarang Gunung Api Purba Nglanggeran sudah tidur nyenyak. Bahkan, gunung ini menjadi tujuan pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan. Mengutip buku Informasi Pariwisata Indonesia, jurang dan lembah di gunung ini punya beragam kontur yang cocok untuk pendaki pemula hingga profesional.

www.belantaraindonesia.org
Tempat untuk memandang Yogyakarta dari ketinggian
 Terlepas dari klasifikasi pendaki tersebut, ada satu kesamaan yang menyatukan mereka di Gunung Nglanggeran. Hampir semua dari mereka melakukan pendakian pada malam hari. Cukup dua jam saja, Anda sudah bisa menginjakkan kaki di puncak gunung purba ini.

Puncak tertinggi Gunung Nglanggeran adalah Gunung Gede, dengan bongkahan batu seluas setengah hektar. Di puncak tertinggi ini, Anda bisa menikmati indahnya langit malam yang cerah dan bertabur bintang! Puncak Gunung Nglanggeran adalah tempat favorit, sekaligus terpencil, untuk melihat langit indah Yogyakarta.

www.belantaraindonesia.org
Puncak Nglanggeran Dari Ketinggian
 Untuk mencapai kaki gunung ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Ada dua jalur yang bisa ditempuh, yakni dari Wonosari atau dari Yogyakarta hingga nanti tiba di Desa Nglanggeran. source and photo credit

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×