Belati Raksasa Di Kawasan Karst Citatah

Saat menuju Bandung dengan melewati jalur Puncak, terlebih dahulu Anda akan melintasi daerah Jalan Raya Gunung Masigit. Di jalan ini, Anda akan disuguhkan panorama pegunungan kapur yang menawan. Banyak wisatawan mengenal daerah ini sebagai Kawasan Karst Citatah.

www.belantaraindonesia.org
Picture: Megalodon150.wordpress.com
 Tetapi Anda akan heran, bila ada belati raksasa tertancap di atas bukit. Itulah yang akan dirasakan saat lewat di Kawasan Karst Citatah, Bandung Barat. Keberadaan belati itu pun, mengundang tanya siapapun yang baru melihatnya.

Sebenarnya, Kawasan Karst Citatah memiliki panorama unik dan mengagumkan. Tak heran bila daerah ini juga sering digunakan untuk syuting film. Namun sayang, udara di daerah ini kurang bersahabat dan jalanannya sangat berdebu.

Di antara kelokan - kelokan tajam kita akan melihat panorama yang tak biasa di kiri jalan. Gunung - gunung kapur membentang kokoh di jalan yang mengarah Bandung. Kalau dilihat - lihat lebih detil, sebenarnya Kawasan Karst Citatah ini sangatlah cantik dan memesona.

www.belantaraindonesia.org

Namun, ada satu bukit yang mencuri pehatian. Bila dilihat dengan jelas, ada belati raksasa yang menancap di salah satu bukitnya. Sudah tentu, belati raksasa tersebut membuat penasaran.

Terlebih Kawasan Karst Citatah juga menyimpan banyak penemuan kuno. Seperti adanya Gua Pawon yang pernah ditemukan situs purbakala berupa alat - alat batu, gerabah, bongkah andesit sebagai alat tumbuk, dan tulang - tulang yang diyakini sebagai tulang binatang.

Kembali ke belati raksasa tersebut, tidak ada yang tahu pasti tentang hal tersebut. Cerita yang berkembang konon belati itu jatuh dari langit saat tsunami Aceh. Namun, tak semua orang bisa percaya dengan mudah tentang cerita belati hitam tersebut. Logikanya, tidak mungkin ada belati yang tiba - tiba jatuh dari langit.

www.belantaraindonesia.org

Dari berbagai informasi, belati ini memang sempat menghebohkan warga sekitar Desa Citatah. Keberadaannya juga dikaitkan dengan cerita mistik, tentang bukit Klenik yang menjadi tempat menancapnya belati tersebut.

Berbagai versi cerita pun bermunculan. Salah satunya menceritakan kalau sebenarnya itu adalah belati raksasa yang menjadi ciri Kopassus. Belati dengan panjang sekitar 9 meter itu sengaja dipasang di pinggir bukit, dan ditancapkan sebagai tanda bukit tersebut kini milik Kopassus.

Bila penasaran, saat melintas di Jalan Raya Cipatat Anda bisa melihat belati raksasa tersebut.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×