Wisata Alam Gunung Kidul

Wisata alam di Gunung Kidul selama ini banyak yang belum diketahui, padahal wisata alam di daerah yang masuk wilayah Jogjakarta ini banyak yang masih relatif perawan. Jadi, cobalah luangkan waktu bagi anda penggemar wisata alam untuk mengunjungi Gunung Kidul dan temukan wisata alam yang mempesona disana dan di jamin tak akan mengecewakan. Karena memang Jogja adalah tetap istimewa, tak akan mudah membuat lupa dan akan tetap merindukannya.


PANTAI PULUTAN

Pantai Pulutan terletak di sebelah timur Pantai Ngusalan. Akses menuju pantai ini dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di antara ladang dan bukit karst. Pantai Pulutan merupakan pantai teluk dimana di kanan kirinya dibatasi oleh bukit karst. Pantai ini tergolong dalam tipe pesisir land erosion coast yaitu pesisir yang terbentuk karena erosi lahan - lahan bawah di daratan. Pasir putih yang terdapat di pantai ini merupakan hasil erosi bukit - bukit karst yang berada di kanan kiri pantai. Di Pantai Pulutan juga terdapat muara Sungai Nggreweng. Sungai Nggreweng merupakan aliran sungai yang berasal dari aliran sungai bawah tanah yang muncul kepermukaan.


Apabila musim penghujan aliran sungai dapat mencapai pantai. Akan tetapi jika musim kemarau, aliran tidak dapat mencapai pantai. Sungai ini bersifat perenial yaitu mengalir sepanjang tahun. Di pantai ini juga terdapat gua. Gua tersebut berada di bawah bukit karst dan langsung berbatasan dengan laut. Gua ini hanya bisa dimasuki pada saat air laut surut. Selain itu di sekitar pantai juga terdapat kera ekor panjang ( makaka ). Populasi kera di sini masih bertahan. Kera ekor panjang biasa mencari makan di bukit - bukit karst. Akan tetapi tak jarang mereka mencari makan di ladang penduduk.

PANTAI NGUSALAN

Ngusalan, kata yang cukup sulit diucapkan oleh sebagian orang ternyata mempunyai makna tersendiri di pantai ini. Untuk sebagian penduduk di sekitar pantai ini, pantai Ngusalan ini mempunyai makna khusus yang berarti tempat hidupnya keong. Sungguh mengasyikan bila ada disini, bisa melihat banyaknya keong yang hidup di pantai Ngusalan ini. Selain keong terdapat juga binatang - binatang laut lainnya seperti kerang, udang, lobster dan beberapa jenis ikan yang ada.


Tidak hanya itu saja, beberapa jenis algae seperti rumput laut mulai yang bisa di makan sampai yang tidak bisa di makan juga bisa temukan di pantai ini. Masih tak percaya? Anda kesini saja, kami akan menunjukkan tempat indah ini. Akan ada yang mengantarkan anda ketempat ini.

PANTAI JUNGWOK

Pantai Jungwok berada di sebelah timur pantai Wediombo dan dapat ditempuh dengan jalan kaki dari Pantai Wediombo. Akses menuju Pantai Jungwok belum dibuka dan baru dapat ditempuh dengan jalan kaki. Perjalanan ini sungguh menyenangkan bila anda menikmatinya dan di sekitarnya dapat melihat pantai dari tebing. Pemandangan Pantai Jungwok sangat indah. Pemandangan khas yang dapat dilihat adalah batu besar yang ada di tengah laut. Batu ini biasa disebut dengan watu topi. Watu topi biasa dapat dinaiki dan dapat digunakan untuk memancing oleh penduduk setempat dan beberapa pengunjung.


Pantai Jungwok memiliki pantai yang indah dan luas. Pantai ini memiliki pasir putih dan perairan yang dangkal. Biota laut yang banyak terdapat di sini antara lain bintang laut, ikan hias, dan berbagai macam algae. Di samping itu, juga terdapat berbagai jenis burung. Di sepanjang pantai ditumbuhi oleh tumbuhan pandan. Pantai Jungwok masih sangat alami dan jauh dari keramaian.

PANTAI NGANDHONG

Pantai Ngandong memiliki panorama pantai yang indah, pasir putih, terumbu karang dan Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ). Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini terdapat resor dan mini off-road dengan fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang luas, gardu pandang, rumah makan, panggung hiburan, balai pertemuan, masjid dan pesisir pantai yang dapat digunakan untuk berkemah. Watulawang Adventure Resor yang merupakan resor mewah di pantai ini banyak menarik wisatawan asing, seperti : Australia, Jepang, dan Eropa.


Terletak di Desa Sidoharjo, kecamatan Tepus sekitar 500 M arah barat pantai Sundak. Pantai Ngandong cukup mudah dicapai dengan banyaknya rambu - rambu penunjuk jalan yang memudahkan pengunjung.

PANTAI NGUNGAP

Pantai Ngungap terletak sebelah barat Pantai Ngrenehan lebih kurang 1 km. Pantainya terjal. Sangat sesuai untuk yang suka memancing, karena di beberapa tempat ada bebatuan yang menjorok ke laut dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar pada saat - saat tertentu.


Objek yang bisa dinikmati selain pemandangan pantainya yang indah, pengunjung bisa menyaksikan akuarium raksasa. Beragam jenis ikan laut maupun habitat laut lainnya, dapat disaksikan lewta akuarium tersebut. Di pantai ini terdapat pula gardu pandang yang dibangun di atas bukit. Dari sini wisatawan bisa memandang indahnya laut lepas, sembari menikmati semilirnya angin laut.

PANTAI NGRENEHAN

Pantai Ngrenehan terletak 30 Km arah selatan kota Wonosari, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Dengan panorama yang indah, pasir putih, pantai yang berupa teluk dengan hamparan perbukitan kapur disekelilingnya dan deburan ombak, Pantai Ngrenehan benar - benar memanjakan wisatawan yang berkunjung.


Disini, wisatawan juga diajak melihat aktifitas nelayan dan menikmati ikan yang siap saji sampai membawa ikan segar sebagai oleh - oleh. 1 Km sebelah barat Pantai Ngrenehan, pada bulan purnama hari raya Nyepi dilaksanakan upacara Melasti di Pantai Ngobaran dan pantai Ngunyahan.

PANTAI KESIRAT

Pantai Kesirat berada didaerah panggang, Gunung Kidul 1,5 jam perjalanan kendaraan 35 menit jalan kaki (lokasi ini digunakan untuk memancing udang lobster oleh penduduk setempat) lokasi ini juga berdekatan dengan ( jarak tempuh sekitar 4km jarak darat ) sumber air tawar pantai Grikak ini adalah semacam oase kecil berbentuk kayak kedung ( lingkaran dengan diameter +- 2-3 meteran ) di wilayah pantai, menurut cerita penduduk ketika masa musim kering tiba dan merek atidak mempunyai cukup uang untuk membeli air minum maka mereka akan mengambil air minum dari sini, namun terkadang tidak semudah itu juga, Karena ketika air laut pasang, oase ini tidak terlihat alias tergenang oleh air laut namun ketika surut dengan sendirinya air tawar ini akan naik keatas, sehingga bisa diambil oleh penduduk setempat. Sedangkan pantai pasir putih wohkudu sebenarnya ada disamping pantai tebing kesirat ( kalau mau lewat tebing dan jurang dengan kedalaman sekitar 150 - 200 m.)


PANTAI KAPEN

Pantai Kapen di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Kapen terletak antara Pantai Drini dan Pantai Kukup di kawasan pesisir selatan wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini masih asri dan "perawan", karena belum banyak diketahui wisatawan, sehingga belum banyak pengunjung.


Pantai Selatan Kabupaten Gunung Kidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, mempunyai banyak misteri yang belum terungkap. Sebut saja Pantai Grigak Girikarto Panggang, yang dulu pernah didiami oleh Almarhum Romo Mangun hingga Pantai Gesing yang sudah terbuka sebagai obyek wisata, di kecamatan Panggang.Silahkan berwisata alam di Gunung Kidul Jogjakarta, dan sambangi Belantara Indonesia, dan jadikan sahabat.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×