Rute Timbanuh Gunung Rinjani

Rute Timbanuh Gunung Rinjani merupakan jalur pendakian muda yang baru dibuka, sehingga fasilitas dan pengelolaannya belumlah selengkap dua jalur lainnya, yakni jalur Sembalun Lawang dan jalur Senaru. Tetapi rute Timbanuh bisa menjadi alternatif bagi yang menyukai tantangan dalam pendakian Rinjani.

Rute Timbanuh Gunung Rinjani

Pendakian melalui jalur Timbanuh hanya direkomendasikan sampai Plawangan Cemara Rompes, perjalanan ke danau tidak direkomendasikan karena kondisi jalur ekstrim dan belum ada penataan untuk keselamatan pengunjung.

Jalur Timbanuh mempunyai karakteristik berupa pemandangan, panorama alam, tantangan yang mungkin disarankan hanya untuk pendaki yang bukan pemula, karena dibandingkan rute Senaru atau rute Sembalun Lawang jalur ini lebih berberbobot tetapi menyuguhkan keunikan dan kekhasan baik flora, fauna, ekosistem maupun trekking trailnya.

Dari Pelawangan Selatan Anda bisa melihat kawah Gunung Baru Jari dengan jelas, karena dibandingkan dengan dua Pelawangan lainnya, Pelawangan Selatan berada paling dekat dengan Gunung Baru Jari.

Pada jalur ini Anda akan melewati beberapa padang Edelweis, dan Anda bisa menuju puncak selatan Rinjani.

Dari puncak ini Anda hanya bisa melihat puncak Rinjani dari jarak yang tidak terlalu jauh namun Anda tidak bisa menuju ke sana karena dihalangi -+ 230 m serta taksiran isi air sebanyak 1.375 juta m3.

Pembuangan air yang berlebihan terdapat di pantai sebelah timur laut danau yaitu Kokok Puteq Anda akan menemukan kolam perendaman air panas yang biasa disebut Aik Kalak.

Rute Timbanuh Gunung Rinjani

Rute perjalanan adalah pintu gerbang desa Jati – Pos I Kokok Blimbing – Pos II Pancor Tayib – Pos III Momot Yamin – Pos IV Cemara Rompes memakan waktu 8 – 10 jam. Kelebihan jalur ini adalah ketersediaan sumber air yang cukup banyak dan sungai yang ada sepanjang tahun.

MATARAM - TIMBANUH
Mataram - Timbanuh bisa ditempun 2 - 3 jam perjalanan darat, bila menggunakan kendaraan carter Anda bisa langsung menuju Timbanuh, desa Pengadangan, namun jika menggunakan kendaraan umum dari Mataram Anda harus turun di Masbagik untuk kemudian menggunakan angkutan lain atau ojek menuju Timbanuh.

Di Timbanuh belum ada layanan paket perjalanan namun telah tersedia jasa guide dan porter yang telah terlatih.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×