Ilusi Gambar Untuk Mata Dan Otak Kita

Ilusi gambar berikut ini untuk mencoba mengukur seberapa kuat mata dan otak kita dalam mengartikan sebuah gambar. Dan gambar tersebut melalui penelitian yang memakan waktu bertahun - tahun yang dilakukan oleh para ilmuwan. Jadi bukan hanya sebuah keisengan semata. Gunanya untuk menambah pengetahuan kita. Itu saja.


Roll dalam gambar diatas terlihat seperti bergerak, walaupun pada kenyataannya diam sama sekali. Ilusi gambar ini begitu kuat sehingga beberapa orang dari Anda akan merasakan pusing dan mual ketika Anda melihat gambar diatas lebih dari beberapa saat. Sampai saat ini para ilmuwan telah berjuang untuk menjelaskan ini. Sampai makalah yang diterbitkan pada tahun 2005 telah mulai menjelaskan apa yang mungkin terjadi pada otak Anda.

Pada pandangan pertama, ilusi ini tampaknya terdiri dari elips biru pada latar belakang kuning. Namun, jika Anda melihat lebih dekat pusat rol anda akan melihat sebenarnya ada 4 warna terlibat. Latar belakang kuning kemudian putih, biru, hitam dan latar belakang kuning lagi. Kedua luar rol memiliki warna ini dalam urutan yang berlawanan.

Para ilmuwan menemukan bahwa kita melihat gerak dalam arah kuning -> hitam -> biru -> putih -> kuning. Jadi rol pusat muncul untuk bergerak dalam satu arah dan dua rol luar arah yang berlawanan.

Mereka juga menemukan fitur penting untuk membuat roll muncul untuk bergerak, adalah perbedaan dalam tingkat pencahayaan antara warna - warna yang berdekatan. Ini berarti bahwa ilusi juga bekerja dengan baik dalam warna hitam dan putih.

Apa yang terjadi di otak Anda?

Selama bertahun - tahun para ilmuwan telah tahu bahwa kita memiliki neuron tertentu di dalam otak kita bahwa api ketika kita melihat sesuatu yang bergerak dalam arah tertentu. Ini disebut arah - selektif neuron. Ketika para ilmuwan memeriksa ilusi yang mirip dengan roda - roda yang berputar - mereka menemukan sesuatu yang sangat luar biasa.

Arah - selektif neuron di korteks visual mulai menembak ketika melihat ilusi ini. Hal ini sangat menarik karena sampai saat ini, para ilmuwan pikir ini neuron otak jenis hanya dapat diaktifkan dengan melihat sesuatu yang benar-benar bergerak ( baik di layar atau di dunia nyata ). Mereka menyatakan bahwa sel - sel yang mendeteksi gerakan yang lebih rendah ke sistem visual sebenarnya telah menafsirkan roll seolah - olah mereka benar - benar bergerak.

Ilusi yang mengagumkan ini telah diciptakan dan disempurnakan oleh ahli visi Jepang Akiyoshi Kitaoka

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×