Survival Individu Dan Survival Kelompok

Survival, kita semua tahu diambil dari kata Survive, yang artinya bertahan hidup. Sedangkan Survival sendiri adalah suatu kondisi yang tidak menentu yang harus di hadapi oleh kelompok atau juga seseorang pada suatu daerah asing. Keadaan Survival ini bisa terjadi pada setiap orang yang sedang melakukan petualangan atau perjalanan atau juga penjelajahan di alam terbuka.


Dan untuk lebih mengetahui tentang Survival, berikut ini adalah perbedaan antara Survival Individu dan Survival Kelompok.

SURVIVAL INDIVIDU
Berada pada keadaan Survive seorang diri, selain menghadapi masalah tehnis juga akan mengalami masalah kejiwaan. Sendiri dalam kondisi Survival akan mengundang rasa kesepian, bosan, takut ataupun panik. Kesepian dan bosan dalam kondisi ini seorang diri adalah masalah besar yang harus dapat diatasi ataupun dihindarkan, karena hal tersebut dapat menimbulkan rasa tertekan yang bisa menghilangkan semangat dan keinginan hidup saat Survival.

Secara psikologis mencegah kesepian dan kebosanan sama seperti menanggulangi rasa takut dan panik. Jaga pikiran kita dengan mengerjakan sesuatu yang akan berguna bagi kondisi Survival ini, tapi tetap menjaga dan memlihara emosi, kesadaran dan fisik kita.

SURVIVAL KELOMPOK
Berkelompok dalam keadaan Survival lebih banyak keuntungannya dari pada Survival perorangan, karena pada Survival perorangan seluruh bahaya akan dihadapi seorang diri. Dengan berkelompok akan tersedia banyak tenaga untuk melakukan pekerjaan dan adanya komunikasi serta saling menjaga.

Walaupun dalam berkelompok banyak hal yang dapat dilakukan untuk kepentingan bersama tetapi banyak hal juga yang dapat merugikan kepentingan bersama. Menyamakan persepsi, tujuan, prioritas pekerjaan adalah hal yang tak mudah, akan banyak waktu pula yang akan terbuang.

Untuk menjaga agar kebersamaan tetap terkontrol pada keadaan Survival kelompok, seluruh anggota harus segera memilih seorang pemimpin. Dimana seorang yang dipilih mempunyai beberapa kriteria yang berhubungan dengan pengetahuan dan tehnik Survival. Dengan mengakui salah seorang dari anggota untuk dijadikan pemimpin sudah dapat menyelesaikan satu masalah dalam kebersamaan.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×