Elang Perkasa Di Mongolia

Pria - pria Kazakh berbaju bulu tebal berkumpul di Olgii, Mongolia. Di tangan mereka bertengger gagah, elang - elang peliharaan yang siap diadu berburu mangsa. Selamat datang di Golden Eagle Festival.

Bulan Oktober tiap tahunnya, Kazakh yang merupakan suku nomadik Asia Tengah berkumpul di pesisir Kota Olgii, Mongolia.

Mereka membelah lautan pasir nan luas, 20 kilometer jauhnya dari kota tersebut untuk melangsungkan sebuah festival.

Mereka menunggang kuda yang gagah, mengenakan kostum tradisional yang terbuat dari bulu dan kulit hewan.

Sadel di kudanya tampak mengilap dan mencirikan bahan perak. Tak terlihat wajah letih karena mengarungi daratan ganas selama berhari - hari, bahkan berminggu - minggu lamanya.

Alih - alih letih, wajah mereka tampak gahar. Di tangan masing - masing pria Kazakh bertengger seekor elang berukuran raksasa.

Elang Perkasa Di Mongolia
Kalau boleh disebut parade, ini adalah parade ala suku nomadik di Asia Tengah. Golden Eagle Festival atau Festival Elang Emas adalah pemersatu suku nomadik Kazakh.

 Mulai 200 tahun lalu, suku ini bermigrasi dari negara aslinya yaitu Kazakhstan ke berbagai tempat, termasuk Pegunungan Altai di barat laut Mongolia.

Mengutip buku 501 Must-Be-There Events, beberapa suku nomadik di Asia Tengah terkenal sebagai pawang elang yang ulung.

Selain Kazakh, ada pula Suku Kyrgyz yang berakar di Kyrgyzstan. Golden Eagle Festival ini mencirikan identitas mereka, yang kebanyakan sudah punya elang sendiri di umur belasan tahun.

Elang Perkasa Di Mongolia

Bangga? Tentu saja ya. Elang yang dimaksud bukan main - main. Disebut Golden Eagle alias Elang Emas, hewan ini punya sayap sepanjang dua meter jika dibentangkan.

Penglihatan mereka delapan kali lebih jeli dari pada manusia. Ketika melejit ke angkasa, mereka punya kecepatan luar biasa.

 Pergerakan sekecil apa pun di daratan tak akan luput dari pandangan. Mereka biasa berburu kelinci, rubah, bahkan serigala.

Tak hanya sebagai konsumsi, mangsa ini juga biasa diambil kulit dan bulunya untuk dijadikan mantel. Penting untuk menghangatkan diri dari udara pegunungan yang menggigit kulit.

Dalam festival yang berlangsung selama tiga hari ini, para Kazakh bertemu satu sama lain.Mereka membuktikan kejantanan elang - elang yang merepresentasi kejantanan mereka sendiri. Mereka juga memamerkan mantel bulu yang bertengger di pundak masing - masing. 

Elang Perkasa Di Mongolia

Anda bisa melihat langsung festival elang ini dengan bantuan agen perjalanan. Sangat sulit mengakses daratan berpasir dan berkontur ini jika Anda pergi sendirian. 

 Selain melihat unjuk gigi para elang peliharaan, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan musik, tarian, dan permainan tradisional khas Mongolia seperti memanah dan berkuda. 

Jangankan melihat dari kejauhan, Anda bahkan bisa jadi bagian dari iring - iringan Suku Kazakh! Jadi, tak ada salahnya jika Anda mulai belajar berkuda dari sekarang. 

Elang Perkasa Di Mongolia

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×