Kompas

Kompas adalah alat petunjuk arah, dan karena sifat magnetnya, maka jarum akan menunjuk arah Utara - Selatan, meskipun utara yang dimaksud disini bukan utara yang sebenarnya, tetapi utara magnetis. Kompas diperlukan bagi para penjelajah Bumi, khususnya saat menjelajah hutan yang sulit untuk mengetahui arah secara manual.

Secara fisik, Kompas terdiri dari :
a. Badan, tempat komponen lainnya berada
b. Jarum, selalu menunjuk arah utara selatan, dengan catatan tidak dekat dengan magnet lain / tidak dipengaruhi medan magnet, dan pergerakan jarum tidak terganggu / peta dalam posisi horizontal.
c. Skala penunjuk, merupakan pembagian derajat sistem mata angin.

Jenis Kompas yang biasa digunakan dalam navigasi darat ada dua macam yakni Kompas bidik ( misalnya Kompas Prisma ) dan Kompas Orienteering ( misalnya Kompas Silva, Sunto dll ). Untuk membidik suatu titik, Kompas bidik jika digunakan secara benar lebih akurat dari Kompas silva. Namun untuk pergerakan dan kemudahan ploting peta, Kompas Orienteering lebih handal dan efisien.

Dalam memilih Kompas, harus berdasarkan penggunaannya. Namun secara umum, Kompas yang baik adalah kompas yang jarumnya dapat menunjukkan arah utara secara konsisten dan tidak bergoyang - goyang dalam waktu lama. Bahan dari badan Kompas pun perlu diperhatikan harus dari bahan yang kuat / tahan banting mengingat Kompas merupakan salah satu unsur vital dalam navigasi darat.

Nb. Saat ini sudah banyak digunakan GPS [ Global Positioning System ] dengan tehnologi satelit untuk menggantikan beberapa fungsi Kompas.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×