Tips Diving Ala Riyanni Djangkaru

Saat kita mendengar nama Riyanni Djangkaru, yang terlintas dalam pikiran kita adalah seorang wanita petualang dan seorang presenter Televisi dalam acara kegiatan alam terbuka. Dan juga, Riyanni Djangkaru mempunyai hobi Diving atau menyelam. Dan berikut ini tips - tips yang berguna dari Riyanni Djangkaru, yang biasa dipanggil Riyanni, sebagai bahan referensi Anda untuk memulai kegiatan Diving.


SAFETY FIRST
"Biarpun diving menyenangkan, safety tetap nomor 1 biar semuanya aman," kata Riyanni. Hal ini merupakan yang pertama dan paling utama bagi Riyanni. Keamanan sangat wajib diperhatikaan saat menyelam. Jangan sampai Anda terpesona dengan puluhan terumbu karang hingga tubuh lelah dan menganggu kemanan Anda dalam air. Selain itu, lakukanlah pemanasan sebelum diving untuk mecegah badan dari kram. Kondisi tubuh juga harus diperhatikan, ketika tidak kuat untuk melanjutkan diving naiklah ke atas permukaan air. "Perhatikan juga kondisi tubuh," tambah Riyanni mengingatkan.

PERENCANAAN YANG BAIK
Ternyata kegiatan diving juga harus direncanakan dengan tepat dan cermat. Dengan melakukan perencanaan yang tepat dan cermat, kegiatan diving Anda akan lebih menyenangkan dan berjalan dengan lancar. Selain itu, dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memesan tempat lebih dulu dan menyiapkan biaya perjalanan dengan rinci.

"Biar waktu diving lebih efisien efisien dan efektif, selalu rencanakan divingnya," tutur Riyanni. Waktu terbaik untuk menyelam tidak sama setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan kegiatan diving memiliki waktu - waktu terbaik untuk menyelam. "Diving di Raja Ampat bisa Rp 9 - 10 juta. Bulan Oktober adalah bulan yang tepat untuk berkunjung ke sana, jadi bisa menabung dari jauh - jauh hari," ujar Riyanni menjelaskan.

HORMATI ALAM DAN WARGA LOKAL
"Mentang - mentang sudah bayar mahal, jangan songong," sindir Riyanni.

Bersosialisasilah dengan masyarakat di sekitar tempat diving. Tentu selain diving, Anda juga bisa belajar banyak tentang keunikan - keunikan budaya setempat. Hal tersebut akan menambah pengalaman dan cerita perjalanan Anda. Ada beberapa kegiatan diving yang juga melibatkan kegiatan sehari - hari masyarakat setempat, seperti di Alor, NTT.

Selain itu, jagalah kealamian dan keasrian lingkungan bawah laut saat Anda diving. Jangan sampai merusak terumbu karang, mengambil ikan - ikan laut untuk dibawa pulang, dan mengambil pasir untuk kenang - kenangan. Dengan menjaga keasrian lingkungan bawah laut, berarti Anda sudah menjaga ekosistem di laut tersebut. "Minimal jangan pegang - pegang terumbu karang," ungkap Riyanni.

NIKMATI SETIAP DETAIL DI BAWAH LAUT
"Kehidupan bawah laut itu tidak statis di titik yang sama," tutur Riyanni.

Nikmati setiap tempat diving Anda, serta jangan pernah bosan jika menyelam di titik yang sama. Pada satu tempat menyelam, dijamin akan banyak ribuan pemandangan yang berbeda - beda. Jika Anda menetap 3 hari di Raja Ampat, maka 3 hari tersebut akan banyak pemandangan yang Anda temukan. Pemandangan yang berbeda tersebut seperti ikan - ikan dan biota - biota laut yang akan Anda liat berbeda setiap harinya.


"Banyak penyelaman yang berulang di satu titik, maka jangan pernah bosan untuk menyelam di titik yang sama," ungkap Riyanni. "Aku sudah pernah menyelam 4 kali di Alor, namun nggak pernah bosan," tambah Riyanni.

BERBAGI PENGALAMAN
"Ceritakan ke teman - teman, kali saja dapet teman baru atau pacar yang mau bayarin buat diving," ujar Riyanni sambil tertawa.

Berbagilah pengalaman diving Anda ke teman - teman atau keluarga. Ceritakan keindahan terumbu karang, ikan-ikan laut, air yang jernih dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Mungkin, ada teman Anda yang tertarik untuk mencoba diving dan mengajak Anda untuk diving bersama. Dengan banyaknya teman akan membuat biaya diving lebih murah, karena biaya bisa ditanggung bersama.

"Banyak pengalaman aku saat diving, yang paling berkesan itu di Alor, karena jarak pandang di bawah laut bisa sampai 40 meter ke kanan kiri atas bawah. Airnya juga jernihnya gila - gilaan, jernih banget!" cerita Riyanni saat ditanya tempat diving favoritnya.

Indonesia memiliki tempat - tempat diving yang menawan. Tips di atas dapat dijadikan pedoman Anda, saat diving di mana pun. Selamat menyelam!   source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×