Curug Sawer Di Gunung Pangrango

Bagi Anda yang pernah mendaki di Taman Nasional Gunung Pangrango ( TNGP ) pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Curug Sawer. Air terjun indah di Situ gunung Sukabumi ini menjadi tempat yang asyik bagi pendaki untuk kembali menyegarkan diri saat raga mulai lelah dalam pendakian.

Curug Sawer Di Gunung Pangrango

Airnya jernih dan sangat segar adalah kelebihan dari Curug Sawer. Air terjun yang berada di TNGP ini selalu menjadi favorit bagi para pendaki. Saat kehabisan tenaga, pendaki biasanya memilih untuk singgah sejenak di sini.

Perjalanan yang akan dilalui memang tidak mudah. Anda harus siap mendaki dan menuruni gunung untuk bisa menemukan air terjun ini.

Bila Anda mendirikan tenda di Tanakita Campsite, Curug Sawer bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit. Tanah yang lembab dan licin tentu akan menyulitkan perjalanan Anda. Jadi, berhati - hatilah.

Curug Sawer Di Gunung Pangrango

Sesampainya di Curug Sawer, Anda akan menemukan kesegaran yang luar biasa. Sebelumnya, Anda harus membayar uang retribusi sebesar Rp 6.000 terlebih dahulu. Uang tersebut nantinya akan digunakan sebagai biaya perawatan objek wisata ini.

Bila dibandingkan dengan air terjun lainnya, mungkin Curug Sawer kalah tinggi. Namun kesegaran dan kealamiannya bisa disaingkan. Airnya sangat dingin dan deras, pemandangannya juga tak kalah menarik.

Di sekitar air terjun, ditumbuhi oleh pohon - pohon lebat nan hijau. Air yang mengalir dari atas juga terlihat sangat cantik dan menyejukkan mata. Belum lagi kolam alami yang berada persis di bawah pancuran air, sayang sekali jika tidak diabadikan.

Puas menikmati pemandangan, simpan kamera Anda dan mulai untuk meresapi tiap kesegaran yang ada di Curug Sawer.

Perjalanan panjang untuk menemukannya akan terbayar lunas dengan semua yang ditawarkan di sini. Hempasan airnya bisa membuat siapa saja yang menikmatinya akan enggan untuk pulang.

Curug Sawer Di Gunung Pangrango

Benar saja, pemandangan yang disuguhkan seakan tidak ada habisnya. Puas dengan segarnya air terjun, Anda bisa berjalan sedikit ke arah Sungai Cigunung tempat air dari Curug Sawer mengalir.

Di sini terdapat 'anak' air terjun yang tidak kalah indahnya. Batu - batuan besar bisa menjadi tempat Anda duduk untuk menikmati pemandangan.

Gemericik air, suara burung yang merdu, dan suara daun yang tertiup angin bisa menjadi latar paling syahdu. Sesekali Anda akan mendengar suara Owa Jawa, yaitu hewan sejenis monyet yang tidak berekor. Binatang tersebut cukup mudah ditemui, terutama pada pagi dan sore hari. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×