Kawah Putih Di Bangka Belitung

Kita mengetahui kawah putih di Kawah Putih Ciwidey Gunung Patuha. Banyak dari para penggemar wisata alam yang berkunjung ke wilayah eksotis di Bandung Selatan tersebut. Tetapi ternyata Indonesia memiliki kawah putih lain selain Kawah Putih Ciwidey di Bandung tersebut. Yakni Kawah Putih di Bangka Belitung, negeri Laskar Pelangi.

www.belantaraindonesia.org

Wisata alam di Bangka Belitung ini memang bukan kawah putih dalam arti sebenarnya, namun kembarannya, yakni Danau Kaolin.

Danau Kaolin merupakan sebuah danau yang terletak di Jl. Murai atau sekitar 15 menit dari kota Tanjungpandan kepulauan timur pulau Sumatera atau Bangka Belitung. Danau ini sering disebut - sebut sebagai Kawah Putihnya Bangka, hal ini dengan alasan panorama alam di yang disajikan danau ini serba putih.

Keindahan alam yang disajikan di danau hampir sama dengan keindahan yang disajikan di Kawah Putih Ciwidey. Hanya saja di Danau ini para pengunjung tak disajikan bau belerang yang khas seperti pada Kawah Putih.

www.belantaraindonesia.org

Danau ini biasanya ramai dikunjungi oleh para fotografer, baik yang masih amatir hingga yang sudah ahli. Para fotografer menganggap bahwa tempat itu memiliki struktur atau paduan warna alam yang unik. Bebatuan di danau ini bewarna putih, sedang airnya bewarna biru. Ketika matahari terbit, warna biru dan putih danau akan berpadu menjadi warna keemasan.

Bila mengunjungi wisata alam ini disaat musim kemarau, maka air di danau mulai surut. Dan di waktu itu, para pengunjung akan dapat melihat gundukan - gundukan menyerupai gula halus serta melihat langsung atraksi - atraksi anak - anak penduduk asli Bangka Belitung.

www.belantaraindonesia.org

Selain Danau Kaolin, wisata alam yang satu ini juga sering disebut Danau Tambang Kaolin. Hal ini dikarenakan fungsi danau ini adalah sebagai tempat tambang para warga. Tambang - tambang yang dihasilkan dari danau ini juga merupakan penghasilan warga.

Namun sayangnya, warga kini tak dapat menambang lagi di danau ini, pasalnya bekas - bekas galian di danau ini telah membentuk lubang yang cukup besar, sehingga sulit dicapai warga. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×