Merbabu Lewat Jalur Kopeng

Gunung Merbabu yang berketinggian 3.142 mdpl memiliki banyak jalur pendakian, yakni jalur Wekas, jalur Cunthel, jalur Selo dan jalur Kopeng. Tentu di antara sekian jalur pendakian, ada satu jalur yang banyak di favoritkan, yaitu jalur Wekas, karena vegetasi hutannya masih terjaga dan juga banyak terdapat sumber air.

Dan untuk kali ini, kami akan mengulas lebih rinci tentang jalur pendakian Merbabu lewat jalur Kopeng. Bila kita dari Jakarta menuju Kopeng kita bisa naik kereta api atau bus jurusan Semarang, Yogyakarta atau Solo. Dilanjutkan dengan bus jurusan Solo - Semarang turun di simpang empat Pasar Sapi, Salatiga, lalu dengan bus kecil ke Kopeng. Kalau kita dari Yogyakarta naik bus ke Magelang, dilanjutkan dengan bus kecil ke Kopeng.

Rincian melalui jalur Kopeng
Basecamp – Pos I Dalan Tengah ( 1858m dpl - 1,5 km – 1 jam )
Jalur pendakian utama ada di sebelah timur basecamp, setelah melewati beberapa rumah penduduk, jalur langsung menggarah ke Selatan. Dari sini masih melalui ladang penduduk dan beberapa bak air penampungan. Pos I merupakan sebuah belokan jalan.

Pos I - Pos II Watu Putut ( 2146 Mdpl - 1.5 km - 1 jam )
Jalur ini banyak melewati pohon cemara jarum dan pohon dengan daun - daun kecil seperti putri malu. Pos II juga merupakan belokan jalan dengan lapangan sempit.

Pos II - Pos III Gerumbul ( 2260 Mdpl - 1 km - 45 menit )
Jalur mulai terbuka dan melewati banyak semak. Pos III merupakan sebuah lapangan kecil.

Merbabu Lewat Jalur Kopeng

Pos III - Pos IV Lempong Malang ( 2528 mdpl - 1 km - 1 jam )
Jalur terbuka dengan banyak semak dan lebih terjal. Antena di puncak I akan terlihat bila langit cerah. Pos IV merupakan lahan luas. Ke arah kiri bisa ditemukan saluran air yang hanya terisi pada saat musim hujan. Jalur dari Wekas juga bergabung di sini. Sementara ke arah kanan adalah jalur memotong ke Pos Watu Gunung yang biasa dilalui dari arah Desa Tekelan.

Pos IV - Puncak I Antena ( 2883 mdpl - 1 km - 1.5 jam )
Jalur semakin menanjak dan tetap terbuka. Disini terdapat bangunan dengan antena dan bak air tadah hujan. Puncak I sendiri merupakan lapangan yang cukup luas tapi sangat terbuka.

Puncak I - Persimpangan ( 2928 mdpl - 1 km - 1 jam )
Dari puncak I jalur akan sedikit menurun sebelum kemudian mendaki ke arah Gunung ( bukit ) Kukusan. Ada sedikit tanah lapang diatas Gunung Kukusan ini. Dari sini jalur berbelok ke kiri. Tak jauh dari situ turun ke arah kanan ada jalan turun menuju kawah sejauh 200 m menuju sungai kecil ( Kali Sowo ). Air dapat diambil dari pancuran pipa pvc yang sengaja disediakan. Air ini tidak terlalu asam dibandingkan bila kita mengambil langsung dari sungai. Jalur selanjutnya adalah tanjakan setan yang cukup terjal, sekali - kali diperlukan bantuan tangan untuk melewatinya untuk sampai ke persimpangan.

Persimpangan - Puncak II Syarip /  Gunung Pregodalem ( 3119 mdpl - 200 m - 15 menit )
Menanjak ke arah kiri dari persimpangan sejauh 200 m kita akan tiba di Puncak Syarif.

Merbabu Lewat Jalur Kopeng

Persimpangan - Puncak III Kentong Songo ( 3142 mdpl - 500 m - 45 menit )
Ke arah kanan dari persimpangan, jalur akan sedikit menurun ke arah bukit kecil, Pundak Sapi. Anda bisa mendaki pundakan ini atau memutarinya ke arah kanan. Hati - hatilah karena jalurnya yang sempit dan berlereng terjal. Sebelum puncak terakhir satu tanjakan lagi harus dilewati dan memerlukan bantuan tangan untuk melewatinya.

Pendakian melalui jalur ini ke puncak Kenteng Songo memakan waktu 7 - 9 jam dan turunnya 5 jam.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".