Kuil Menggantung Di Tebing

Bila biasanya kita melihat kuil berada di atas permukaan tanah, tetapi di Propinsi Shanxi, tepatnya di kaki Gunung Heng, ada kuil yang menggantung di bagian tebingnya. Penduduk sekitar biasa menyebutnya Xuankong Si. Sebuah karya yang luar biasa di jaman peradaban manusia.

www.belantaraindonesia.org

Berada di lembah kaki Gunung Heng, Shanxi, China, Kuil Xuankong Si menjadi magnet kuat setiap turis yang datang. Kuil ini begitu istimewa karena posisinya yang tidak biasa, yaitu menggantung di tebing. Keren!

Xuankong Si berdiri tegak di ketinggian 75 meter dari atas permukaan tanah. Untuk berdiri, kuil ini disanggah dengan bebatuan yang tersembunyi, dan balok kayu yang dipancang ke dalam gunung sebagai penyokong kuil.

Uniknya, kuil ini tidak hanya diperuntukkan satu kepercayaan tapi tiga, yaitu Konfusianisme, Taoisme dan Buddhisme, seperti yang ditulis situs Altas Obscura. Simbol perwakilan ketiga agama ini bisa Anda lihat lewat lukisan dan patung di dalam kuil.

Ada sekitar 80 patung di dalam kuil yang sudah dibangun lebih dari 1.500 tahun lalu. Pada awalnya, tujuan dibangunnya kuil menggantung di pinggir tebing adalah untuk mencegah banjir. Kini, Xuankong Si menjadi magnet kuat turis yang datang ke China yang penasaran dengan keberadaan kuil menggantung.

www.belantaraindonesia.org
Gunung Heng
Masuk ke bagian dalamnya, Anda bisa melihat ada 40 ruangan, lemari dan paviliun dalam area seluas 152,5 m2. Ruangan di dalam kuil dihubungkan dengan koridor, jembatan dan trotoar.

Untuk melihat keunikan kuil ini, pengunjung diharuskan membayar dua tiket masuk, yaitu tiket masuk Gunung Heng dan kuil. Tiket masuk Gunung Heng adalah 20 Yuan atau Rp 30.000. Nah, kalau mau masuk ke dalam kuil, pengunjung kembali diminta membayar tiket sebesar 60 yuan atau sekitar Rp 89.000. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×