Negeri Di Atas Awan, Antara Mitos Budaya Dan Cantiknya Alam

Dataran Tinggi Dieng, negeri di atas awan, di Jawa Tengah, ternyata bukan hanya panorama alamnya saja yang menjadikannya menarik, tetapi mitos rambut anak gimbal dan kecantikan candi - candinya menjadi perhatian para wisatawan. Luangkan waktu Anda untuk menengok segala keindahan dan mitos budaya tersebut.

www.belantaraindonesia.org
Si Anak Rambut Gimbal Di Dieng
Dia bukan pecinta musik reagge, tetapi rambut gimbal menjadi ciri khas sebagian anak - anak asli Dataran Tinggi Dieng ini. Sejak lahir mereka sudah memiliki rambut seperti itu.

Aneh memang keadaan tersebut tapi itulah kenyataan yang ada di sini. Konon jika rambut gimbal ini tidak dipotong maka si anak akan mudah terserang penyakit bahkan tak jarang berujung pada kematian. Jadi, rambut gimbal anak - anak ini tidak bisa dipotong begitu saja, kalau bukan kemauannya sendiri yang diikuti dengan syarat atau permintaan. Permintaan si anak itu pun mesti dipenuhi oleh orangtuanya.

Selain kekayaan budaya dengan mitos yang mengikutinya, Dieng juga memiliki kekayaan wisata alam yang layak untuk dilihat. Di sini ada peninggalan sejarah purbakala seperti Candi Arjuna, Candi Bima, dan Candi Gatotkaca.

www.belantaraindonesia.org
Salah Satu Dari 3 Candi Arjuno
Jika di Bandung Anda bisa menemui Kawah Putih, maka di Dieng wisatawan juga akan disuguhi dengan Telaga Warna yang mengandung belerang. Adapula Telaga Pengilon yang begitu indah dengan sisi ceritanya.

Beranjak dari sini, wisatawan bisa mengunjungi Kawasan Kawah Sikidang yang dikelilingi oleh kepulan asap belerang disetiap sisinya. Sekali waktu ibu - ibu yang menjajakan batu dan serbuk belerang dikawasan ini melintas dihadapan para wisatawan. Dengan harga yang sangat terjangkau belerang yang sudah diolah bisa menjadi bahan kosmetik dan obat penyakit kulit.

Tak hanya itu, jika berkunjung ke Dieng jangan lupa untuk mengabadikan Golden Sunrise yang konon kabarnya terbaik se - Asia Tenggara. Di mana langit di timur Dieng berwarna kuning keemasan saat Matahari hendak menampakkan diri.

www.belantaraindonesia.org
Golden Sunrise Dari Puncak Sikunir
Pemandangan menakjubkan ini dapat dinikmati dari atas puncak Bukit Sikunir. Bola mata Anda akan dimanjakan oleh merahnya Sunrise dengan latar belakang Gunung Semeru dan gunung - gunung kecil lainnya sebagai pendamping.

Tak hanya itu, bentangan Gunung Sindoro, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu juga menjadi penghias latar belakang panorama Dieng. Julukan Negeri Di Atas Awan sepertinya memang layak untuk dataran yang berada pada ketinggian 2.000 mdpl ini.  source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×