Gunung Chimborazo

Chimborazo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di pegunungan Andes di daerah Ekuador dengan ketinggian puncaknya 6,268.2 meter. Apa yang membuat Chimborazo begitu istimewa, selain menjadi lokasi tertinggi di Ekuador, adalah bahwa puncaknya adalah titik terjauh dari pusat bumi, dan bukan Gunung Everest yang dikenal sebagai puncak tertinggi. Hal ini disebabkan lokasi Chimborazo berada di sepanjang tonjolan Khatulistiwa planet ini.

www.belantaraindonesia.org

Bumi bukanlah bola yang sempurna. Planet bumi lebih "tebal" di sekitar Khatulistiwa daripada disekitar kutub. Chimborazo terletak satu derajat sebelah selatan Khatulistiwa, sementara Gunung Everest hampir 28 ° utara Khatulistiwa.

Meskipun puncak Chimborazo 2.580 meter lebih rendah dari puncak Everest ( 8.848 meter ) jika diukur dari atas permukaan laut, Namun puncak gunung Chimborazo  2,168 km lebih jauh dibandingkan puncak Everest, jika diukur dari pusat Bumi.

www.belantaraindonesia.org

Chimborazo bukan puncak tertinggi di Pegunungan Andes. Bahkan, beberapa puncak Andean serta gunung tertinggi Afrika, Kilimanjaro, jika diukur dari pusat bumi, maka tingginya akan melebihi atau lebih tinggi dari puncak Mt Everest.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×