6 Destinasi Yang Jogja Banget!

Jogja lewat budayanya yang kental jadi sasaran turis saat berwisata. Hampir setiap liburan, kota ini ramai dikunjungi pelancong, mungkin termasuk Anda. Tapi jangan bilang pernah ke Jogja, kalau belum datang ke 6 tempat ini.

1. Candi Prambanan
Siapa yang tak tahu Candi Prambanan? Candi Hindu terbesar di Indonesia ini begitu terkenal lewat legenda yang melatarbelakangi keberadaannya. Konon, candi ini dibuat oleh Bandung Bondowoso atas permintaan Roro Jonggrang.

www.belantaraindonesia.org

Berkeliling komplek candi, turis bisa masuk dan naik ke atas candi. Ada banyak ruangan di dalam candi yang bisa Anda masuki. Ruangan yang paling ramai dikunjungi adalah lokasi berdirinya patung Roro Jonggrang.

2. Malioboro 
Tempat kedua yang wajib dikunjungi saat liburan ke Yogyakarta adalah Malioboro. Inilah pusat belanja di Jogja yang tak pernah sepi dikunjungi turis. Ada banyak kios yang menjual aneka pernak - pernik lucu khas Jogja.

www.belantaraindonesia.org

Biasanya, traveler akan mencari oleh - oleh untuk kerabat di kota asal di Malioboro. Mulai dari makanan, kain batik hingga aksesoris bertema batik bisa Anda beli di sini. Tapi jika ingin belanja di Malioboro, sebaiknya keluarkan kemampuan menawar Anda supaya dapat harga yang paling pas.

3. Kraton Yogyakarta 
Ini dia destinasi wajib lain yang harus Anda kunjungi saat ke Jogja, Keraton Yogyakarta. Tidak seperti provinsi lain, DI Yogyakarta sudah lama dipimpin oleh seorang Sultan sebagai Gubernur. Ia pun tinggal di dalam kompleks Kraton Yogyakarta. Asyiknya, Keraton ini bisa dimasuki turis.

www.belantaraindonesia.org

Di dalam Keraton, Anda bisa melihat paviliun, bangsal, hingga ruangan luas yang digunakan untuk upacara - upacara khusus. Dengan harga tiket Rp 5.000, Anda dapat mengelilingi Keraton dan merasakan atmosfer khas Jawa. Pohon - pohon besar yang rindang akan membuat sejuk suasana.

Di dalam keraton, turis juga bisa melihat aneka koleksi barang peninggalan Sultan, berupa pakaian, foto - foto, lukisan dan barang - barang antik lainnya. Di Museum Kristal, terdapat barang - barang milik Sultan seperti piring, sendok, dan lainnya yang terbuat dari kristal.

4. Tamansari 
Siapa yang tak kenal Tamansari? Bangunan bersejarah di komplek Kesultanan Yogyakarta ini memang memiliki arsitektur yang menawan. Sampai - sampai, banyak turis yang sengaja datang ke tempat ini untuk dijadikan lokasi foto bahkan pre - wedding.

www.belantaraindonesia.org

Tamansari atau yang juga dikenal The Fragrant Garden juga memiliki kolam yang indah. Konon, kolam ini dulu adalah lokasi tempat mandinya selir raja.

5. Pasar Beringharjo 
Masih di kawasan Malioboro, ada pasar tradisional yang selalu ramai dengan pengunjung, yaitu Pasar Beringharjo. Pasar ini selalu ramai setiap hari dan penuh sesak dengan warga lokal atau pun turis.

www.belantaraindonesia.org

Ada banyak barang yang dijual di Pasar Beringharjo, mulai dari keperluan sehari - hari hingga fashion. Khusus fashion, yang paling banyak dijual tentu saja batik. Mulai dari pakaian resmi, santai hingga aksesoris batik ada di sini. Lebih asyik lagi, harga barang yang dijual di pasar ini dijamin murah.

6. Benteng Vredeburg 
Tak hanya berisi tempat belanja, Yogyakarta juga dihuni oleh benteng kokoh dan gagah, Vredeburg namanya. Benteng ini didirikan tahun 1760 sebagai alat pengontrol Keraton Yogyakarta agar tidak mengganggu kekuasaan kolonial saat itu.

www.belantaraindonesia.org

Datang ke Benteng Vredeburg, Anda seolah diajak melihat megahnya benteng ala Eropa. Tembok yang kokoh, pilar - pilar besar, dan letaknya yang strategis, akan membuat Anda belajar banyak mengenai sejarah kependudukan kolonial Belanda di Jogja. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×