Rumput Salju Di Pegunungan Andes

Ada yang tidak biasa di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Salju di sana tidak seperti di tempat - tempat lain karena bentuknya meruncing dan terlihat seperti rumput. Aneh! Pegunungan Andes menjadi pegunungan terpanjang di dunia, letaknya berada di 7 negara antara lain Venezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Chili dan Argentina.

www.belantaraindonesia.org

Nah, antara Chili sampai Argentina, ada pemandangan unik yaitu salju yang berbentuk runcing, demikian dilansir dari Amusing Planet. Menurut beberapa sumber, bentuk salju ini berasal dari reaksi alam antara ketinggian yang ribuan meter dari permukaan laut, berpadu dengan angin yang kering.

Dari perpaduan tersebut, hadirlah sebuah pemandangan salju yang dinamakan Nieves Penitentes atau yang biasa disebut Penitentes. Salju ini biasanya berada di satu kawasan, tingginya mulai dari 2 cm hingga 5 meter. Penitentes hanya bisa ditemui di ketinggian lebih dari 4.000 mdpl.

www.belantaraindonesia.org

Kompleks salju unik ini biasa ditemui di Argentina dan Chili, dan beberapa wisatawan pun sudah mendatangi kawasan itu demi memuaskan rasa penasaran. Pada kenyataannya, angin ternyata tidak memiliki andil banyak dalam pembentukan salju - salju runcing ini. Salju ini terbentuk dari sinar Matahari yang langsung menyinari kawasan salju sehingga salju tidak sempat meleleh, melainkan menyublim.

Ujung yang runcing berdasar dari konsentrasi sinar mentari yang lebih banyak di atas dibanding bagian bawah salju. Ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa salju ini bisa bertahan sehingga tidak akan meleleh. Dengan kata lain, salju yang ada di kawasan ini tidak akan hilang saat cuaca sudah tidak menentu karena pemanasan global.

www.belantaraindonesia.org

Namun teori tersebut belum terbukti kebenarannya. Di sisi lain, para wisatawan tidak mau melewatkan kesempatan melihat keanehan alam yang indah ini sebelum tergerus cuaca Bumi yang semakin kacau. Mereka pun mendatangi tempat ini dengan dengan jaket tebal, namun juga menggunakan kacamata hitam karena Matahari di sana cukup terik. src writing services uk

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×