Semoga Rinjani, Danau Toba Dan Gunung Sewu Menjadi Geopark

Kawasan wisata kaldera danau Batur telah resmi menjadi Geopark pada November 2012 yang lalu. Selayaknya kita bangga sebagai bangsa pemilik keindahan alam tersebut. Kini, untuk semakin menarik minat turis untuk datang di Indonesia, Kemenparekraf akan mengajukan Gunung Rinjani, Danau Toba dan Gunung Sewu menjadi Geopark di tahun 2013.

www.belantaraindonesia.org

Wisata minat khusus terutama wisata alam sedang berkembang. Banyak turis yang datang untuk melihat keindahan alam Indonesia. Untuk lebih memperkenalkan kecantikan alam, Kemenparekraf berencana menambah Geopark atau Taman Bumi. Hal ini tentu menjadi kabar gembira.

"Tahun ini kita berhasil dapat persetujuan Geopark Batur, tahun depan rencananya tambah 3," kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Firmansyah Rahim dalam jumpa pers Pertemuan Akhir Tahun Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, bertempat di Restoran Demang, Jl MH Thamrin, Sarinah, Jakarta, pada Jumat 21 Desember 2012.

www.belantaraindonesia.org

Ketiga tempat wisata alam yang akan dipersiapkan sebagai Geopark adalah Gunung Sewu di Pacitan, Jawa Timur, Gunung Rinjani di Lombok dan Danau Toba di Sumatera Utara.

"Untuk tahun depan, kita sudah dalam tahap persiapan, semoga Gunung Sewu, Rinjani dan Toba dapat persetujuan dari UNESCO," kata Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif dan Event, Direktorat Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenparekraf, Achyaruddin dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya, Batur Kaldera Geopark resmi dikukuhkan pada 17 November 2012 di Bangli, Bali. Geopark adalah salah satu konsep pembangunan kawasan secara berkelanjutan dengan pemanfaatan pariwisata.

www.belantaraindonesia.org

"Ini adalah salah satu pengembangan ekowisata," tambah Achyaruddin.

Melalui Geopark, diharapkan semakin banyak turis yang datang. Dengan begitu, diharapkan pula peningkatan ekonomi lokal melalui pemanfaatan pariwisata ini.  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×