Pendakian Solo, Sebuah Keberanian?

Keberanian adalah bukannya ketiadaan rasa takut, tetapi ketahanan menghadapi rasa takut. Ya, hal tersebut dalam dunia pendakian di kenal dalam ruang lingkup para penempuh pendakian solo atau pendakian yang dilakukan seorang diri dan peralatan sendiri. Pendakian solo, sebuah keberanian?.

www.belantaraindonesia.org

Mencapai puncak gunung manapun dianggap kurang penting dibanding dengan cara seseorang mencapainya, seorang pendaki akan merasa bangga jika berhasil melewati rute yang paling. Tidak ada pendaki yang lebih dikagumi selain pendaki solo yaitu pemimpi yang mendaki sendirian” – Jon Krakauer; In To Thin Air-

Selain sebagai penulis kisah - kisah petualangan, Jon Krakauer adalah seorang pendaki gunung yang cukup ternama. Dia dikenal sebagai pendaki yang sering melakukan petualangan sendirian, diantaranya ketika mendaki menuju Puncak Devils Thumbs di Alaska. Dipaksa menghabiskan waktu berhari - hari seorang diri di tempat yang jauh dari peradaban.

Pada tahun 1980 seorang pendaki Italia bernama Reinhold Messner menggemparkan dunia pendakian dan petualangan, ketika mencapai Puncak Everest tanpa menggunakan tabung oksigen, sesuatu yang sebelumnya dianggap mustahil dilakukan. Hebatnya lagi Messner melakukannya sendiri tanpa bantuan siapapun. Sampai sekarang Reinhold Messner dianggap sebagai pendaki gunung terhebat.

Seorang pemandu gunung juga penulis buku ” Everest In Your Live” yaitu Gary P Scott juga sering melakukan pendakian solo. Salah satunya menciptakan rekor dunia pendakian tercepat di Gunung Mc Kinley, Alaska dalam waktu 18 jam. Rekor yang belum mampu dipecahkan oleh siapapun.

Banyak yang beranggapan bahwa orang - orang yang melakukan pendakian solo adalah mereka yang mempunyai tingkat keberanian super atau tidak punya rasa takut sama sekali. Padahal tidaklah demikian, dalam kisah pendakiannya Messner, Krakauer maupun Gary juga selalu dihantui perasaan takut. Hanya ketahanan dalam menghadapi siksaan rasa takutlah yang membuat mereka mampu melakukannya.

Sekali lagi, keberanian adalah bukannya ketiadaan rasa takut, tetapi ketahanan menghadapi rasa takut.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×