Jenis Pelindung Kepala Dan Manfaatnya

Saat berpetualang di alam bebas, mara bahaya selalu mengintai. Kepala sebagai anggota tubuh paling vital memerlukan perlindungan khusus. Inilah jenis pelindung kepala yang bisa Anda gunakan saat menjelajah hutan, gunung, sungai, dan tebing dan manfaatnya.

www.belantaraindonesia.org

Topi Baseball
Topi “baseball” merupakan jenis topi yang umum beredar di masyarakat. Bukan berarti ia hanya digunakan dalam olahraga baseball. Bagian depannya yang kaku berfungsi menghalangi cahaya. Bahan katunnya bisa menyerap keringat. Cocok digunakan dalam kondisi sejuk. Namun, biasanya topi ini kurang kuat, sehingga gampang sobek bila terkena ranting dan semak.

Topi Trucker
Topi ini hampir sama dengan model baseball, tapi bagian belakang topi terbuat dari jaring karet. Jaring ini berfungsi untuk memperlancar aliran udara ke kulit kepala. Bahan katun hanya ada di sekitar dahi cukup efektif untuk menyerap keringat. Cocok digunakan dalam kondisi panas.

Topi Patrol
Topi jenis ini disebut pula topi tentara. Lidahnya lebih pendek, dengan bentuk kepala yang hampir kotak. Walaupun lebih fashionable, nilai guna topi ini dalam menghalangi cahaya masih kalah dengan jenis trucker atapun baseball. Namun, bahannya yang kuat membuat ia lebih awet.

www.belantaraindonesia.org

Topi Rimba
Topi ini seperti model koboi, tapi dengan bahan yang lentur. Lidahnya yang lebar melindungi kepala dan telinga dari semak maupun sinar matahari. Umumnya, topi terbuat dari bahan kain ripstok dan drill. Keduanya sama - sama kuat dan cepat kering. Ripstok sedikit lebih tipis dibanding drill. Harganya pun lebih murah. Topi rimba cocok untuk medan dengan vegetasi rapat, dan cuaca yang tidak terlalu dingin.

www.belantaraindonesia.org

Topi Jepang
Disebut demikian karena model ini mirip dengan topi tentara Jepang. Bentuknya mirip jenis “baseball” dengan kain penutup yang mengelilingi telinga dan leher. Ada berbagai macam bahan untuk benda ini. Bila ditinjau dari bahannya, maka topi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu tebal dan tipis.

Topi yang tipis biasa dibuat dari bahan parasut dan taslan. Kedua bahan ini sama - sama cepat kering. Kelebihan bahan taslan ialah anti air, sehingga cocok dipakai saat hujan.

Topi yang tebal lebih beragam lagi bahan pembentuknya. Biasanya, topi ini digunakan ketika cuaca dingin dan penghangat saat tidur.

www.belantaraindonesia.org

Kupluk
Kupluk biasanya digunakan saat tidur. Kupluk yang baik harus bisa menutup kedua telinga dengan sempurna. Fungsi utama topi ini ialah untuk menghangatkan. Ada pula kupluk dengan jenis “balaclava”. Balaclava menutup seluruh bagian kepala, kecuali bagian mata dan mulut. Sekilas, penutup kepala ini seperti  pakain maling atau teroris.

www.belantaraindonesia.org

Helm
Pada medan tertentu, seperti tebing dan sungai yang ekstrim, penting untuk memakai helm. Helm yang baik terbuat dari bahan yang kuat dan ringan. Selain itu, bagian dalam harus empuk dan sesuai dengan bentuk kepala Anda.

Kacamata
Fungsi utama benda ini ialah melindungi penglihatan dari cahaya Matahari. Alat ini juga dapat digunakan pada medan yang berdebu dan berpasir, contoh Gunung Semeru. Pilihlah kacamata yang nyaman dipakai, terutama di bagian hidung. Carilah kaca dengan bahan yang anti gores ( shock-resistant ). Kacamata dengan tali pengikat lebih direkomendasikan untuk menghindari resiko terjatuh.

Syal
Syal merupakan benda serbaguna yang bisa dibentuk menjadi bandana, ikat kepala, ikat rambut, dan masker. Pilihlah syal dengan bahan lembut. Perhatikan pula lebarnya, harus disesuaikan dengan ukuran badan. Jangan sampai terlalu kecil, sehingga Anda memaksakan ikatan yang terlalu ketat.

www.belantaraindonesia.org

Buff
Buff merupakan teknologi baru dengan fungsi seperti syal. Bahannya sangat lentur, sejuk dipakai saat panas, dan mampu menghangatkan ketika dingin. Sekarang, banyak buff lokal yang beredar dengan harga Rp35.000 - Rp70.000. Buff asli ( import ) memiliki range harga Rp 250.000 - Rp 500.000.

Masker
Masker dapat pula dibuat dari syal ataupun buff. Alat ini berfungsi pada medan yang memiliki kawah dengan bau menyengat ataupun medan berdebu yang kering. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×