Sisi Lain Gunung Rinjani

Sisi lain gunung Rinjani, gunung yang selama ini sering dijadikan tujuan pendakian utama para pendaki Indonesia bahkan pendaki luar negeri yang berminat dengan keindahan dan kemegahan gunung - gunung di negeri ini. Bila selama ini kita hanya tahu naik dan setelahnya turun dari Rinjani, maka berikut ini sisi lain Gunung Rinjani yang layak kita ketahui bersama.

www.belantaraindonesia.org

TITIK MEMULAI PENDAKIAN
Base camp untuk pendakian Gunung Rinjani ada 3, yaitu Senaru, Sembalun, dan Torean. Sembalun berada di Lombok Timur, Senaru berada di kecamatan Bayan, Lombok Utara. Sedangkan Torean berada di dekat Senaru.

Untuk menuju ke Sembalun, dari Mataram Anda harus transit di Aikmal terlebih dahulu, baru menuju ke Sembalun, sedangkan jika akan ke Senaru, maka dari Mataram transit di Anyar, baru menuju Senaru.

Bila akan ke puncak, dari Sembalun Anda akan melewati Padang Sabana yang cukup panjang, melewati 7 bukit penyesalan, dan biasanya para pendaki akan nge-camp di atas Plawangan Sembalun, baru pagi hari sekitar pukul 02.00 WITA atau pukul 03.00 WITA melakukan perjalanan ke puncak, untuk mendapatkan suasana Sunrise.

Bila dari Senaru, maka Anda akan melewati hutan terlebih dahulu. Sampai di Plawangan Senaru, turun ke Danau Segara Anak, dan naik lagi menuju ke Plawangan Sembalun, baru ke puncak .

www.belantaraindonesia.org

BIAYA SEWA PORTER RINJANI
Para porter Rinjani berbeda dengan yang lainnya. Mereka membawa beban dengan menggunakan pikulan. Tiap pikulan, antara depan dengan belakang beratnya seimbang, sekitar 25 - 30 kilo. Mereka hanya memakai sandal jepit! Sedangkan guide biasanya hanya membawa tas daypack ataupun carrier untuk dirinya sendiri.

Biaya porter per hari sekitar 100.000 ribu rupiah, sedangkan untuk guide sekitar 125.00 ribu rupiah. Biasanya para turis menyewa mereka untuk sekali pendakian sekitar 3 hari. Jadi, di hitung saja jika Anda ingin menyewa porter.

Tergantung ingin berapa lama, berapa personilnya ( semakin banyak bawaan, otomatis porternya semakin bertambah ) dan yang penting budjet yang Anda punya. Tetapi, ini hanya sebagai gambaran saja, karena kalau Anda ingin menyewa porter, otomatis harus memesannya lewat biro / agen pendakian Rinjani, karena mereka biasanya dibayar oleh para biro.

www.belantaraindonesia.org

ANTRIAN PENDAKI SEBELUM JALUR PENDAKIAN RINJANI DI BUKA
Dari Bulan Januari sampai Maret, dalam menunggu Pendakian Gunung Rinjani dibuka telah ada lebih dari 500 turis yang mengantri untuk mendaki gunung tersebut, yang berasal dari berbagai negara. Itu baru turis saja, belum lagi pendaki yang berasal dari Indonesia. Jadi, yang jelas lebih dari 1000 pendaki mengantri, menunggu Pendakian Gunung ini dibuka kembali.

KEBERSIHAN GUNUNG RINJANI
Gunung Rinjani yang begitu indah ternyata juga terdapat sampah di sana - sini. Itu dikarenakan ramainya para pendaki yang ingin menjejakkan kaki ke puncak Rinjani, ataupun yang hanya sebatas ingin memancing di Danau Segara Anak. Kadang, turis dari luar negeri sangat antusias terhadap kebersihan lingkungan, namun malah banyak pendaki - pendaki dari Indonesia yang membuang sampah dengan seenak hati.

ANGGARAN UNTUK KEBERSIHAN GUNUNG
Kata penduduk lokal, setiap tempat start pendakian menganggarkan sekitar 15 juta rupiah per bulan untuk mengadakan kegiatan kebersihan, seperti bersih gunung dan sebagainya. Dana tersebut bisa berasal dari para agen, dari retribusi yang disisihkan, ataupun dari anggaran taman nasional.

www.belantaraindonesia.org

PERJALANAN MENUJU PUNCAK DEWI ANJANI
Walaupun terlihat dekat, namun perjalanan menuju puncak Rinjani dari Plawangan Sembalun diperlukan waktu yang cukup lama, sekitar 3 jam. Itu karena medannya yang cukup sulit, karena banyak pasir dan kerikil – kerikil kecil yang bisa longsor jika kita injak.

Untuk mempermudah langkah, sebaiknya kita mengikuti jejak yang sudah ada, karena jejak yang sudah ada bisanya agak memadat, dan tiap langkah kaki kita tidak berkurang banyak oleh pasir - pasir maupun kerikil yang merosot.

Namun, jika kita turun dari puncak, kita bisa menjajakkan kaki di bagian mana saja, dan perjalanan turun tersebut, dirasakan tidak begitu lelah. Kita bisa melakukan perjalanan turun kurang dari 1 / 3 waktu perjalanan naik kita.

www.belantaraindonesia.org

PENDAKI ASING
Pendaki asing atau turis yang banyak datang untuk mendaki Rinjani berasal dari Prancis, Inggris, Belanda, Hungaria, dan lainnya. Namun, yang paling banyak katanya berasal dari Australia. Para guide lebih suka memandu pendaki asing yang berasal dari Singapura, karena mereka tidak pelit.

PLAWANGAN SEMBALUN
Hati - hati jika Anda ingin ngecamp di atas Plawangan Sembalun, karena di sana terdapat banyak kera yang suka mengganggu para pendaki. Para porter biasanya membawa bandil untuk menghalau kera - kera tersebut, karena mereka sering mencuri logistik milik para tamu.

Jangan lupa amankan logistik Anda, agar tidak berpindah tangan ke kera - kera liar tersebut. Barang - barang berharga Anda pun juga harus diamankan, karena pernah ada juga yang kehilangan kamera dan ponsel nya.

BUKIT PENYESALAN
Bila Anda menuju ke puncak Rinjani lewat jalur Sembalun, maka akan ada salah satu bukit yang namanya Bukit Penyesalan. Bukit tersebut terbagi menjadi 7 tahapan, sehingga di namakan Tujuh Bukit Penyesalan. Bukit tersebut cukup terjal, dan orang merasa menyesal karena merasa tak sampai - sampai saat melewati bukit tersebut, hingga menemukan tempat yang datar.

www.belantaraindonesia.org

GUNUNG BARU JARI
Walaupun bisa mendakinya dengan menyeberangi Danau Segara Anak terlebih dahulu, gunung Baru Jari yang cukup aktif tetap saja tidak boleh untuk didaki. Konon, juru kunci tidak memperbolehkan para pendaki mendaki Gunung Baru Jari, karena ada sesuatu yang mistis..Walauhualam..src

Gabung bersama kami dalam Satu Hati Menggapai Rinjani

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×