Bromo, Gunung Tercantik Di Pulau Jawa

Bromo, gunung tercantik di Pulau Jawa. Bahkan karena cantiknya tersebut, Bromo sangat ramai dikunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Di sana, Anda bisa melihat keindahan Matahari terbit hingga gurun pasir yang begitu eksotis. Apabila Anda adalah seorang penikmat alam. bersiaplah untuk jatuh cinta pada kecantikan Bromo dan akan selalu merindukannya.

www.belantaraindonesia.org

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif, dan menjadi objek wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Bromo memiliki ketinggian 2.392 Mdpl, serta terletak di 4 wilayah di Jawa Timur yaitu, Pasuruan, Lumajang, Probolinggo dan Malang.

Bromo tergabung dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang meliputi Gunung Bromo. TNBTS juga meliputi perkampungan Suku Tengger dan gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru.

Waktu terbaik untuk datang ke Bromo adalah sekitar bulan Juni - Oktober. Jika datang saat musim panas, wisatawan dapat melihat sunrise dan pemandangan gunung - gunung yang menghampar luas dengan saat cerah.

www.belantaraindonesia.org
Pasir Berbisik
Perjalanan menuju Bromo yang legendaris yang paling disukai adalah melewati padang gurun berpasir dengan mengendarai Jeep yang bisa didapatkan dengan cara menyewa. Jalan yang ditempuh adalah gurun pasir dengan beberapa kubangan.

Menuju sebuah savana, yakni Savana Bromo merupakan hamparan rumput dikelilingi bukit hijau yang biasa disebut Bukit Tabi atau Bukit Teletubbies. Pemandangannya sangat indah dan membuat wisatawan betah berlama - lama disana.

Jangan dilewatkan setelah melewati savana, mampirlah di sebuah tempat yang bernama pasir berbisik. Pasir berbisik merupakan hamparan gurun pasir sepanjang mata memandang. Jika cuaca cerah, pasir akan terbang terbawa angin dan menerpa wajah kita. Itulah yang disebut pasir berbisik.

www.belantaraindonesia.org
Bukit Teletubbies
Tidak jauh dari pasir berbisik terletak Gunung Bromo yang memberikan panorama Kawah Gunung Bromo. Untuk mencapai puncaknya, Anda harus mendaki beberapa tanjakan dan 250 anak tangga.

Perjalanan menapaki pasir menuju anak tangga menuju puncak Bromo sebenarnya bisa dengan cara menyewa kuda dengan harga Rp 30 - 50 ribu. Tetapi apabila Anda seorang petualang sejati, semua itu bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

Sesampai di kaki tangga menuju puncak Bromo, siapkan nafas dan stamina untuk memulai menapaki anak tangga yang akan memakan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai kawah Bromo. Kawah ini mengepulkan asap yang hangat dengan bau belerang yang khas. Pada bulan tertentu diadakan upacara Kesada untuk memohon berkah kepada Yang Maha Kuasa.

www.belantaraindonesia.org

Sebagai catatan, di kawasan Bromo banyak yang menjual bunga Edelweiss. Harganya mulai dari Rp 10 - 20 ribu. Edelweiss dirangkai dengan cantik membentuk Matahari dan boneka Panda.

Tetapi sekedar saran saja, janganlah kita berusaha untuk membelinya, sebagai bagian kecil dari usaha kita untuk turut menjadi manusia yang selaras dengan alam. Karena populasi Edelweiss terancam punah dalam beberapa tahun ke depan. Apalagi kalau bunganya terus - terusan diambil untuk dijual.

Anda semua cinta Edelweiss kan? Kalau cinta, biarkan Edelweiss lestari di habitat aslinya.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×