Tehnik Membuat Kompas Sederhana

Kompas adalah alat petunjuk arah yang sangat di butuhkan dalam kegiatan perjalanan. Dengan kompas kita meminimalkan resiko tersesat.

Meskipun kompas bukan satu - satunya alat petunjuk arah, tetapi kompas adalah alat yang relatif mudah digunakan disaat kita membutuhkan alat untuk menentukan arah.

Tehnik Membuat Kompas Sederhana

Kemudian salah satu cara untuk membuat kompas sederhana apabila kita lupa membawanya, adalah dengan jarum.

Jarum atau benda - benda logam yang sepertinya, kita bisa manfaatkan untuk dijadikan sebagai penunjuk arah sebagaimana kompas.

Jarum tersebut kemudian kita gosokan ke sebuah medan magnet, atau benda yang memiliki gaya magnet Kita gosokan satu arah agar si jarum tersebut juga memiki medan magnet yang nantinya akan menunjukan ke arah tertentu seperti halnya kompas.

Tehnik Membuat Kompas Sederhana

Setelah itu, kita ambil gabus atau kalau tidak punya kita bisa cari dedaunan. Kita tusukkan ia secara horizontal dan kemudian kita taruh di air.

Pastikan ia mengambang, dan darinya kita bisa menemukan bahwa arah dari jarum jam akan menunjukan ke arah utara atau selatan tergantung arah kita mengosok dengan logam bermagnet tadi.

Tehnik Membuat Kompas Sederhana

Apabila kita tidak memilik jarum, kita bisa juga mengunakan silet. Semoga tehnik sederhana ini dapat membantu Anda ketika kesulitan mencari arah. Selamat mencoba. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×