Tips Memilih Pisau Survival

Pisau survival pada hakekatnya diperlukan khususnya pada saat Anda melakukan kegiatan di alam bebas. Kondisi tak terduga bisa terjadi saat kita berpetualang. Misalnya kondisi tersesat.

Dalam kondisi tersebut kita akan survival bertahan hidup di alam bebas, dan bertahan hidup akan lebih mudah bila kita memiliki perlengkapan yang antara lain pisau survival.

Tips Memilih Pisau Survival

Memilih pisau survival sebaiknya adalah yang mudah untuk diakses. Karena pisau justru berguna pada saat yang tidak kita duga.

Maka pisau harus mudah di bawa kemana - mana, dengan kata lain memiliki faktor mobilitas yang tinggi.

Beberapa kegunaan pisau survival yang umum diketahui:
  • Memotong atau mengiris
  • Membagi ( kayu )
  • Menggali
  • Membela diri
  • Menyiapkan makanan
  • Membuat tempat untuk bernaung
  • Menyiapkan api ( dengan alat lain, sebagai pemantik )
  • Untuk berburu
  • Mencongkel
  • Memalu
  • Sebagai obeng
Hal yang harus diperhatikan ketika memilih pisau survival adalah:

1. Ukuran
Ukuran yang besar belum tentu lebih baik. Coba pertimbangkan ketika pisau terlalu besar, berarti mengorbankan kemampuanya untuk bisa melakukan pekerjaan yang lebih detail.

Begitu pula sebaliknya, kalau terlalu kecil, maka akan mengurangi fungsi pisau seperti memotong kayu atau batoning ( memukulkan benda keras ke sisi belakang pisau, biasanya untuk membelah kayu yang keras )

Tips Memilih Pisau Survival

2. Bilah Tetap ( Fixed Blade )
Pisau yang berbilah fix lebih kuat dan meyakinkan dari pada pisau lipat. Pisau lipat lebih cocok untuk dibawa sehari - hari.

Tapi ketika tuntutan untuk survive datang, kita harus siap dengan pisau yang dapat meminimalkan resiko dan memaksimalkan kemungkinan untuk survive.

Dilihat dari fungsi survival knive itu sendiri, maka bilah yang fix sampai ke gagang sepertinya lebih cocok.

3. Bilah Sampai Ke Ggagang ( Full Tang ) 
Merupakan pisau yang utuh dari mata pisau sampai dengan gagangnya ( yang membedakan dengan fixed blade, ini terkesan telanjang pada gagangnya ).  

Pegangan / handle di tambahkan sendiri dengan grip agar lebih nyaman. Untuk pisau jenis ini, keuntungannya dapat dijadikan tombak, selain karena memang bentuknya yang solid, maka pisau ini akan sangat berguna ketika membelah ranting yang keras, kita bisa memukul kayu pada sisi yang tumpul untuk memberikan efek pemotongan yang lebih baik.

Tips Memilih Pisau Survival

4. Ujung Pisau Yang Lancip
Ujung yang lancip dapat berfungsi untuk menyongkel, membuka baut atau sekedar menggali tanah. Kemudian pula dapat digunakan untuk membuka biji - bijian hutan yang keras.

5. Memiliki Salah Satu Sisi / Bagian Yang Tumpul
Hal ini perlu sebagaimana dijelaskan dalam full tang, di lain sisi kalau tajam di kedua sisi akan berbahaya bagi diri kita sendiri.

Terkadang kita membutuhkan sisi yang tumpul untuk keperluan tertentu seperti memberikan penekanan ( dengan jempol ) ketika kita mengupas sesuatu. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×