Pegunungan Karakoram

Pegunungan Karakoram atau Karakorum Range ini di yakini oleh para ahli Geologi sebagai 'kepanjangan' sisi barat laut pegunungan Himalaya. Karakoram dalam istilah Turkic yang artinya Batu Hitam ini membentang sejauh 500 km yang meliputi daerah perbatasan antar negara Pakistan, India dan Cina, yakni daerah Gilgit - Baltistan ( Pakistan ), Ladakh ( India ) dan wilayah Xinjiang ( Cina ).

www.belantaraindonesia.org
Goro Peak Karakoram
Dibatasi oleh tepian dataran tinggi Tibet di sisi timur - laut dan pegunungan Pamir di sisi utara. Pada sisi selatan batas Karakoram terbentuk oleh sungai Gilgit, Indus dan Shyok yang memisahkan rentang Karakoram dengan ujung barat - laut Himalaya.

Karakoram adalah semacam kompleks bagi puncak - puncak tertinggi di Bumi, termasuk puncak K2, yang merupakan puncak tertinggi setelah Everest. Dalam radius pendek sekitar 15 km saja, berdiri sekitar 40 puncak  yang menjulang lebih dari 6500 meter, termasuk 4 puncak di antaranya menjulang lebih dari 8000 meter.

Karakoram merupakan daerah gletser terbesar di luar kutub. Sekitar 28 - 50% Karakoram merupakan daerah gletser, dibandingkan dengan Himalaya 8 -12% saja yang merupakan gletser. Gletser atau sungai - es di Karakoram antara lain gletser Siachen yang memiliki panjang 70 km, gletser Biafo sepanjang 63 km, gletser Baltoro 62 km, gletser Hispar sejauh 53 km dan beberapa gletser - gletser raksasa lainnya.

Dikarenakan kondisi alamnya yang ekstrim, Karakoram masuk dalam daftar tempat - tempat paling ekstrim dibumi, dalam buku “Extreme Places”. Hal ini pula yang menyebabkan tempat ini sangat jarang penghuninya dibandingkan dengan bagian Himalaya yang lain ke arah timur. Karakoram juga merupakan area yang secara geologi dianggap area yang aktif, dimana merupakan batas tumbukan antara dua benua, yakni benua Asia dan sub - benua India.

www.belantaraindonesia.org
Deretan kelompok Gasherbrums, Baltoro-Muztagh
Melakukan kegiatan petualangan seperti trekking atau ekspedisi pendakian di pegunungan Karakoram memberikan warna tersendiri secara tantangan. Selain kondisi alamnya yang ekstrim, ketersediaan sarana infrastruktur seperti transportasi, akomodasi juga memberikan tantangan tersendiri.

Selain hal - hal tersebut, soal perijinan untuk memasuki area “wisata petualangan” tersebut juga menyuguhkan tantangan yang seru. Untuk menuju ke Islamabad, ibu kota Pakistan, penerbangan dari Jakarta akan singgah di Bangkok atau Kuala Lumpur, atau dapat juga singgah di Dubai, Emirat Arab.

Rute trekking yang terkenal di pegunungan Karakoram adalah trekking ke kemah induk gunung K2, dimana pada suatu tempat yang disebut sebagai alun - alun Concordia, para petualang akan disuguhi pandangan 360 derajat dikelilingi oleh puncak - puncak bersalju yang memukau, yang merupakan tahta para dewa gunung. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×