Jagalah Selalu Tenda Gunungmu

Ketika mendaki gunung, untuk melindungi kita dari panas dan hujan adalah tenda. Walaupun mungkin kamu mempunyai kemampuan membuat bivak, tetapi tenda menjadi barang utama. Pantas bukan, karena peran pentingnya, tenda menjadi salah satu peralatan outdoor yang mahal. Pada masa kini tenda gunung bisa di sewa, tetapi kalau kamu memilikinya, jagalah selalu tenda gunungmu, rawat dengan benar.

Jagalah Selalu Tenda Gunungmu Dengan Benar

Dirikan Tenda Di Tempat Yang Nyaman
Hindari mendirikan tenda di tempat - tempat yang memiliki akar - akaran maupun batu - batu yang tajam. Selain tak nyaman dipakai tidur, tempat seperti ini juga bisa mengoyak alas tenda.

Bersihkan Tenda Sepulang Dari Mendaki
Tenda yang kamu gunakan pasti tak luput dari kotoran seperti tanah dan sisa makanan. Jadi, pastikan tak ada kotoran yang menempel sebelum disimpan. Bagian frame juga patut diperhatikan agar frame-nya tidak mudah berkarat.

Cuci Tenda Dengan Posisi Berdiri
Dirikan dulu tenda dengan frame terpasang. Ini akan memudahkan tenda untuk dibersihkan. Selanjutnya, siram dengan air mengalir dan bersihkan kotoran yang menempel dengan kain plus sabun lembut. Sementara, bagian Flysheet bisa direndam sebentar dalam ember atau digantung lalu disemprot air. Bersihkan noda yang menempel dengan spons atau kain lembut. Jangan lupa cuci kantongnya juga.

Keringkan Tenda Dengan Benar
Kamu bisa memanfaatkan amplas chamois untuk mengeringkan sudut - sudut tenda. Selanjutnya, letakkan saja di udara terbuka yang terlindung dari sinar Matahari seperti di teras rumah dan biarkan kering dengan sendirinya. Setelah tenda dibongkar, jangan lupa lap frame-nya satu persatu dengan kain kering.

Simpan Di Tempat Yang Kering
Kamu bisa menyimpannya di dalam ruangan atau di lemari. Yang penting, hindari tempat - tempat lembab untuk menyimpan peralatan outdoormu. Sisipkan Silica Gel dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×