Memilih Backpacker

Ransel bisa jadi pilihan terdepan sebagai alat transpor dan pembawa semua barang anda ketika berjalan atau bertualang di alam bebas. Dengan mengenakan ransel, berat barang - barang dipanggul dan ditahan oleh pundak. Kedua belah tangan pun bebas dan tak usah memegangi barang - barang tersebut.

Sebelum memutuskan sebuah transaksi, anda perlu memperhatikan beberapa segi teknis saat memilih ransel. Ini penting dilakukan supaya tak menyesal di kemudian hari. Jangan sampai kenyamanan perjalanan terganggu oleh gerutuan akibat salah menentukan pilihan.

Menurut Yudi Kurniawan, dari Adventure Technology ( Avtech ) - produsen alat - alat perlengkapan kegiatan alam bebas, ada tiga jenis ransel yang bisa ditemui, one day pack, three days pack dan backpack ( ransel ). Tiap jenis punya plus - minus.

Bila ditinjau dari segi isi, ukuran ransel di pasaran bermacam-macam. Dari 40 liter sampai 120 liter. ”Saya menyarankan agar memilih ransel sesuai kebutuhan dan kekuatan diri sendiri untuk membawanya,” sebut Yudi. Idealnya, untuk perjalanan mendaki gunung selama tiga hari, kaum pria bisa menjatuhkan pilihan pada ransel bervolume maksimal 80 liter sedang para perempuan jangan lebih dari 60 liter.

Penentuan pilihan juga dipengaruhi oleh kebutuhan apa yang diinginkan. Jangan sampai anda terbuai oleh tren yang belum tentu pas. ”Kebutuhan itu muncul setelah kita tahu berapa lama perjalanan yang akan ditempuh. Apakah tiga hari, satu minggu atau bahkan selama satu bulan,” sebut lelaki yang mengawali usaha produksi ransel dari membuka toko perlengkapan alam bebas ini.

Komponen Penting
Kalau tujuan perjalanan telah dikantungi, kini giliran bagian - bagian ransel yang harus anda perhatikan. Bagian - bagian itu menjadikan ransel yang dipakai terasa nyaman dan kuat. Komponen penting pada sebuah ransel adalah sabuk penggendong ( shoulder strap ). Setiap ransel mempunyai dua buah sabuk penggendong yang menyilang di bahu. Sabuk yang baik adalah yang dilapisi busa atau bahan lembut lainnya. ”Avtech memakai eva sponge dan poly foam sebagai bahan pengisi shoulder strap,” ujar Yudi. Eva sponge diakui bahan yang punya kekenyalan yang paling tinggi dan tak cepat berubah bentuk.

Agar lebih terasa nyaman, kami juga membuat hip belt ( sabuk pinggang ) pada beberapa jenis ransel. Sabuk ini juga membuat ransel menempel mantap di punggung,” ucap alumnus SMA Negeri 1 Jakarta. Ia pun menekankan fungsi penting sabuk pinggang. Sabuk ini mendukung pemindahan berat ransel di bagian pinggang. Dengan menaikkan ransel sedikit lebih ke atas dan mengencangkan sabuk itu di pinggang, sabuk penggendong mengendor dan bahu atau pundak terbebas dari beban. Apabila beban yang anda bawa sangat berat, ransel yang dilengkapi sabuk pinggang amat berperan penting.

Selain dilengkapi kedua sabuk itu, ransel yang baik juga dilengkapi dengan penyetelan bagian punggung. Meski punya sebutan yang beragam, penyetelan bagian belakang ransel ini memberi kenyamanan lebih saat digendong. Back system Avtech, begitu Yudi menyebut sistem penyetelan punggung ini, memiliki beberapa tipe, seperti Suspension System dan Suspension System dengan EMFC ( Ergonomically Moulded Foam Components ).

Dengan EMFC itu, sirkulasi udara bukan saja lancar tetapi juga bisa mengurangi keletihan. ”Lebih balans dan terasa mantap di punggung,” tegas pehobi olahraga alam bebas ini. Kini, pada keluaran ransel terbarunya ( tipe Eiger, Aconcagua dan Everest ), Avtech menambah teknologi Hot Press yang bisa membuat produk tahan lama.

Soal bahan baku, Avtech memakai bahan parasit 420 Dyner ( ukuran kerapatan rajutan benang per sentimeter ) dan 600 Dyner. ”Ada juga yang pakai bahan Cordura Ripstop. Angka Dyner-nya bergantung pada tipe ransel yang diproduksi,” kata Yudi. Bahan - bahan tadi cukup mumpuni untuk menahan serangan air dan kuat. Jahitan yang rapat dan pemakaian benang nilon sebagai penyambung antarbahan juga harus diteliti agar kenikmatan perjalanan tak terganggu.

Agar ransel yang anda miliki tak cepat rusak, ikuti pengisian sesuai pembagian berat dan kapasitas berat isi. Penataan barang - barang bawaan anda yang sesuai kebutuhan dan berat juga akan memberikan keuntungan tersendiri. Jangan sampai ada barang - barang yang sampai harus dijinjing kedua belah tangan. Itu bisa mengganggu pergerakan dan kenyamanan anda dalam berpetualang.

Pada saat dipakai, biasakan menggunakan pelindung ransel ( rain cover ). Ini berguna untuk menghindari ransel dari kotoran yang bisa menyulitkan saat dibersihkan. Dengan bahan parasit, rain cover lebih mudah dibersihkan ketimbang menggosok bahan nilon ransel anda.

Untuk membersihkan ransel, cukup rendam dengan air hangat selama satu jam. Lalu gosok perlahan pada bagian yang kotor dengan sikat. Bila sudah, bilas ransel dengan air dingin. Setelah itu, gantungkan ransel pada tempat yang tak terkena sinar matahari secara langsung. Ingat, pengeringan ransel dengan sinar matahari yang langsung dan terik bisa membuat ransel anda garing seperti kerupuk kulit.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×