Melestarikan Alam

Manusia merupakan khalifah di muka bumi yang diberi tanggung jawab untuk memelihara alam ini. Alam yang terjaga akan memberikan kemanfaatan bagi umat manusia itu sendiri. Sebab kerusakan yang banyak terjadi di muka bumi lebih banyak disebabkan oleh perbuatan manusia yang merusak alam untuk tujuan jangka pendek. Adapun dalam jangka panjang pengaruh perbuatan manusia tersebut akan berakibat kepada dirinya sendiri.

“Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan perbuatan manusia. Allah akan merasakan kepada mereka sebagian dari ( akibat ) perbuatannya, supaya mereka kembali ( ke jalan yang benar )” Ar-rum:41. Menjaga alam adalah bagian dari rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberikan rizki yaitu berupa makanan yang tumbuh dari tanah yang diguyur oleh air hujan yang turun dengan izin-Nya. Tanpa curahan rahmat dari-Nya maka kita tidak akan mampu hidup di muka bumi ini. Betapa banyak lingkungan yang dulunya merupakan hutan belantara kemudian menjadi padang pasir yang tidak memiliki kehidupan. Oleh karenanya kita wajib untuk memelihara apa yang ada di muka bumi ini karena dengan begitu Allah pun akan memelihara kehidupan kita.

Sebagaimana yang telah dijaminkan oleh Rasulullah dalam sebuah sabdanya “Sayangilah oleh kamu sekalian segala apa yang ada di muka bumi niscaya yang di atas (Allah akan menyayangimu”. Bila kita mampu menjaga alam sekitar maka akan lahir negara yang aman makmur penuh dengan rahmat dan ampunan Allah Swt. Namun bila kita mengkufuri segala nikmat yang telah Allah berikan yaitu dengan melakukan kerusakan di muka bumi maka Allah tidak akan segan untuk memberikan murkanya kepada kita. “Sekiranya penduduk suatu negeri itu beriman dan bertaqwa, tentulah Kami bukakan baginya ( pintu ) rahmat dari langit dan bumi. Tapi mereka mendustakan ( kebenaran ), lalu kami azab mereka karena perbuatannya” Al’Araf:96

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×