Tiga Jalur Ke Puncak Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) luasnya sekitar 15.500 hektar. Dengan ketinggian mencapai 3.078 di atas permukaan laut, Ciremai menjadi gunung tertinggi di Jawa Barat. Untuk mencapai kawasan TNGC dapat ditempuh melalui tiga pintu masuk, yaitu Linggarjati dan Cigugur di Kabupaten Kuningan serta Maja di Kabupaten Majalengka.


Muhtadin Nafiri, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai mengatakan pintu masuk Linggarjati merupakan jalur utama menuju kawasan. "Di daerah Linggarjati terdapat Kantor Balai TNGC, jadi itu merupakan akses utama menuju kawasan," kata Muhtadin.

Untuk mencapai Linggarjati, sambung Muhtadin, dari Bandung dapat ditempuh sekitar 4 jam dengan kendaraan bermotor. "Untuk masuk dari Cigugur, atau dikenal sebagai jalur Palutungan merupakan jalur paling mudah menuju puncak Ciremai," imbuhnya.

Dari Palutungan menuju puncak Ciremai jaraknya sekitar 9,8 km. Sepanjang jalu Palutungan terdapat 9 pos pendakian dengan pemandangan yang masih alami. Palutungan dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pintu masuk TNGC di Cigugur Kuningan.

Sedangkan satu pintu masuk lagi menuju Gunung Ciremai adalah jalur pendakian Apuy. Lokasinya berada di Maja, Kabupaten Majalengka.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×