The Famous Sunrise Di Gunung Penanjakan

Apa dipikiran kita jika disodori kata Gunung Bromo? Keindahan alami luar biasa! Kehebatan Bromo melanglang buana sampai ke manca negara. Membanggakan memang. Mereka berbondong datang guna bersiap menjadi saksi yang namanya The Famous Sunrise di Bromo.

Ya jalur menuju Bromo memang tak sesulit selayaknya mendaki gunung, karena disana banyak beredar mobil - mobil jeep yang bersiap mengantarkan kita sampai di kaki Bromo.

Tetapi jika kita berniat ingin melihat sunrise atau Matahari terbit lebih baik bukan di puncak Bromo, karena Bromo merupakan gunung yang relatif rendah, hanya berketinggian 1.300 Mdpl.

Jadi silahkan menuju Gunung Penanjakan yang berada di samping Bromo. Penanjakan berketinggian 1.700 mdpl jadi akan sangat indah dan jelas jika kita di puncak Penanjakan menyaksikan sunrise yang kata orang adalah The famous sunrise.

 The Famous Sunrise Di Gunung Penanjakan
 The Famous Sunrise Di Gunung Penanjakan

Menuju Bromo setelah melampaui lautan pasir Bromo, kami berhenti sebentar guna membeli kopi panas yang memang di jual penduduk setempat di sekitar sana, plus pisang goreng menjadi santapan pilihan menemani kopi dan rokok.

Puas makan lalu bayar..wah mahal!..Ya tak apa - apa, sebanding dengan sajiannya. Lalu segera beranjak guna menaiki Gunung Penanjakan.

Jalur menuju Penanjakan sesuai namanya, sangat menanjak dan memerlukan energi badak. Belum lagi disalip oleh jeep - jeep yang membawa penumpang yang mampu membayar sewa mobil, jelas debu beterbangan membuat kami menjadi memutih seperti Hanoman..wah Hanoman kan kera?...Biarlah..

Tak memerlukan waktu berbulan - bulan kami sampai di puncak Gunung Penanjakan. Bersiap menikmati sunrise. Siap menjadi saksi kehebatan The famous sunrise di Puncak Penanjakan.

Dari Penanjakan kita bisa melihat pemandangan gurun pasir Bromo, Gunung Batok, Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Mantap! Memang dari sini pemandangan alam sangat bagus dan sunrise sangat jelas terlihat dengan penuh kagum.

Jangan lupa jika menuju Bromo untuk tak melupakan Gunung Penanjakan di samping Bromo guna melihat sunrise, dan jangan lupa jaket yang tahan angin serta kaos tangan, kaos kaki, penutup kepala atau topi dan bisa dengan penutup muka menghindari debu pasir.

Dan setelah dari Penanjakan bisa langsung menuju puncak Bromo melewati tangga permanen sekitar 200 anak tangga.

Pemandangan spektakuer akan terhampar, oleh sebab itu kawasan Bromo Tengger tak pernah sepi apalagi jika liburan tiba. Dijamin ramai.

Gunung Penanjakan jadi tujuan utama para wisatawan Bromo untuk melihat Matahari terbit dan puncak Bromo menjadi tujuan selanjutnya.

Indonesia memang tak kalah dari segi keindahan alamnya dengan negara manapun. Mari kita cintai dan kita jaga.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×