Gunung Bibi Sang Pelindung

Kembali menuju Merapi, gunung yang merupakan idola Belantara Indonesia dan terlampau sering kami daki. Tak akan lagi berpanjang kata tentang Merapi dan segala rute pendakiannya, tetapi kini akan bicara tentang Gunung Bibi yang berada tepat di depan Merapi, tepatnya gunung Bibi berdiri disamping Merapi yang tampak perkasa dengan kepulan asapnya dan jabatan sebagai gunung teraktif di dunia.

Jika kalian sampai di Selo Boyolali dan berjalan agak lama menuju arah Cepogo..ya agak jauh tapi sedikit, akan menemui gunung Bibi yang selalu tertutup kabut. Selalu begitu tiap kali kami melihatnya. Dan ada mitos bahwa gunung Bibi adalah pelindung dari amukan Merapi selama ini, terutama bagi penduduk Boyolali dan Klaten, karena jika Merapi mengeluarkan lava pijar, maka gunung Bibi lah yang pertama kali menghadang Lava yang menuju daerah tadi. Menakjubkan!.

Dan ada cerita lain bahwa sampai kini tak ada pendaki yang bisa dengan lancar mendaki Gunung Bibi kecuali para penduduk setempat yang seringnya melakukan ritual untuk Eyang Merapi..( Wallahualam Bisawab ), karena menurut cerita lagi, tiap ada pendaki yang hilang atau meninggal karena tersesat di Merapi, pasti nantinya akan di temukan di lereng Gunung Bibi, itu menurut anak gunung di sana. Walau tinggi gunung Bibi tak setinggi Merapi, tetapi tempat tersebut memang terlihat angker dan samar sehingga di buat aturan dalam hal pendakian menuju gunung Bibi.


Jadi jika anda menuju Selo yang merupakan jalur pendakian Merapi dan Merbabu, jangan lewatkan untuk melihat gunung Bibi sang pelindung dari amukan Merapi. Dan Selo juga merupakan pasar yang bagaikan di selimuti awan, karena di sekitar kita akan selalu di rambati awan dan jangan salah jika anda di rambati bukan awan berarti patutlah anda curiga teman anda yang merambati pantat anda!..Candaa....Daerah Selo juga dingin persis seperti di Switzerland ( kayak dah pernah aja ke Swiss) karena di daerah tinggi dan di lingkupi gunung yang perkasa. Merapi dan Merbabu.

Jangan lupa bawalah perbekalan secukupnya dan lebih baik tak jualan es cendol karena di sana daerah dingin dan orang akan kaget dengan jualan anda! pakailah jaket yang tebal bukan jaket Korpri milik bapak dan ibu anda yang guru, dan jika saya pasti tak lupa rokok dan koreknya, karena jika tanpa rokok tetapi membawa korek akan berkesan bahwa kita tukang minta - minta rokok..ya jangan kan?

Selamat berwisata alam ya sahabat..Tentang Merbabu dan Merapi bisa kalian lihat di Merbabu Favoritnya Pendaki dan Taman Nasional Merapi

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×