Gunung Lokon

Gunung Lokon adalah gunung aktif yang terletak di sebelah barat Tomohon, Manado, Sulawesi Utara dengan ketinggian 1.580 mdpl dan bersebelahan dengan gunung Mahawu. Dengan keistimewaan kawah dan panorama yang luar biasa indah.

Waktu yang tepat untuk memulai perjalanan dari Kakaskasen, Tomohon adalah sekitar jam 7 pagi, dan dapat tiba di kawah pada saat udara pagi masih sejuk. Ikuti aliran lava dingin yang memanjang berkelok ke danau kawah yang berada 600 meter di bawah puncak, dengan kedalaman danau 60 meter.

Kadang - kadang gunung ini menyemburkan debu kawah yang sampai ke pemukiman sekitar. Pada saat terakhir meletus pada 2001, sebagian wilayah Kota Manado yang berjarak sekitar 25 Km dari gunung itu, ditutupi hujan debu yang mengguyur disebabkan karena tiupan angin.

Material debu yang dikeluarkan dari kawah gunung api ini berbentuk lava pijar dan ketinggiannya diperkirakan mencapai 400 meter.

www.belantaraindonesia.org
Gunung Lokon
Berada berlawanan arah dengan Gunung Lokon, memiliki lereng yang cukup landai dengan ketinggian 1.311 meter. Memiliki pemandangan yang menakjubkan, dengan danau kawah berwarna hijau dengan kuning belerang.

Gunung Mahawu adalah salah satu gunung yang mengapit Kota Tomohon, dan disisi lainnya adalah Gunung Lokon. Gunung Mahawu merupakan gunung berapi stratovolcano yang terletak di timur gunung berapi Gunung Lokon dan Gunung Empung di Sulawesi Utara. Gunung Mahawu memiliki lebar 180 m dan kedalaman kawah 140 m dengan dua kerucut Piroklastik di lereng utara.

Mencapai lokasi ini dari Tomohon ke Rurukan. Kemudian berjalan kaki melalui jalan setapak yang melewati kebun kebun sayur dan akhirnya mencapai puncak ( Ketinggian 1.324mdpl ), setelah melalui hutan yang rimbun dan indah dan kawasan kerucut kawah yang ditumbuhi rerumputan ( ketinggian 1200 mdpl ).

www.belantaraindonesia.org
Kawah Gunung Mahawu
Menikmati Matahari terbit di pagi hari yang terasa senyap dan diselimuti kabut tebal yang sangat dingin di puncak gunung Mahawu yang terkadang diselingi dengan tamparan angin membekukan persendian tulang, perlahan lahan sirna dan menampakan langit menjadi kebiruan dan nuansa hijau pepohonan yang menghiasi hutan sekitar gunung Mahawu.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×