Pergantian Tahun Di Puncak Gunung

Pergantian tahun segera tiba, bagi para pendaki gunung pada umumnya menikmati pergantian tahun tadi akan lebih terasa membumi jika berada di puncak gunung. Bukan di diskotik, bar ataupun klab malam yang hanya berkesan hura - hura tak jelas rimbanya. Dan sedikit info gunung yang bisa di daki di malam pergantian tahun ini.

GUNUNG KERINCI

Pendakian Gunung Kerinci diperbolehkan bagi pecinta alam yang ingin merayakan malam pergantian tahun baru 2011 di puncak gunung merapi tertinggi di Sumatera itu, larangan pendakian Gunung Kerinci yang sebelumnya dikeluarkan oleh pemerintah setempat, kini dicabut sehubungan terus menurunnya aktivitas gunung tersebut. Namun, bagi pendaki gunung atau pecinta alam yang ingin melakukan pendakian tetap diimbau mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pendakian. Sebelum melakukan pendakian para pecinta alam lebih dulu diminta mematuhi syarat dan minta jasa pemandu supaya jangan tersesat dan mendapat musibah dalam pendakian.

Menyambut malam pergantian tahun, bagi warga di Kabupaten Kerinci dan pengunjung baik dalam dan luar negeri yang ingin merayakannya di Kabupaten Kerinci, pemerintah setempat juga menggelar kegiatan di lokasi Danau Kerinci. Lokasi tempat berlangsungnya pesta dana beberapa waktu lalu juga akan diadakan berbagai kegiatan untuk menghibur masyarakat menanti detik - detik malam pergantian tahun.

GUNUNG UNGARAN DAN GUNUNG MERBABU

Para pendaki yang hendak menghabiskan malam pergantian tahun di sejumlah gunung di Kabupaten Semarang akan melalui seleksi yang lebih ketat dibanding tahun lalu karena cuaca diprediksi tak terlalu baik. Para pendaki diharapkan membawa bekal cukup, sedangkan mereka yang belum terlatih diminta mengurungkan niatnya. Pendaki juga wajib mendaftarkan diri atau memberi nomor telepon kepada para penjaga pos pendakian. Jadi bila ada sesuatu, maka tindakan bisa langsung cepat diambil. Juga telah bersiaga dan disiapkan tim search and rescue di gunung yang menjadi lokasi pendakian tahun baru, yakni di Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu yang sebagian pos pendakiannya melalui Kecamatan Getasan. Tetapi, meski pendaki sudah melewati pos, jangan sampai memaksakan diri jika cuaca buruk.

GUNUNG LAWU

"Untuk pendakian ke puncak Gunung Lawu menyambut kedatangan Tahun Baru 2011, memang kami perketat aturannya. Kami tidak akan mengambil risiko karena cuaca setiap saat di puncak gunung itu bisa berubah ekstrem," kata Aji Pratama Heru Kristanto, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karanganyar. Bagi yang nekat naik ke puncak Gunung Lawu, mereka harus membawa bekal makan dan perlengkapan yang lengkap, seperti memakai sepatu gunung dan jaket tutup muka.

Pendakian ke puncak Gunung Lawu di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu bisa dilakukan melalui Pos Candi Ceto dan Cemoro Kandang Kabupaten Karanganyar.

GUNUNG SLAMET

Pendakian Gunung Slamet melalui posko dukuh Bambangan desa Kutawaba kecamatan Karangreja dipastikan bakal sepi saat perayaan pergantian tahun baru ini. Pasalnya larangan mendaki melalui posko itu masih berlaku dan belum ada pencabutan dari dinas terkait. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.428 m dpl itu memang masih sesekali mengeluarkan suara gemuruh kecil saat malam tiba. Yaitu tengah malam saat suasana sudah lengang dan sepi. Hanya saja tak menimbulkan getaran maupun dampak buruk yang dirasakan warga Bambangan.

Aktifitas saat ini di jalur pendakian paling ramai di Banyumas itu sementara hanya para petani setempat. Yaitu mengangkut hasil panen sayuran, dan berkebun setiap hari. Sesekali terlihat pengunjung hanya melihat gerbang pendakian saja dan pergi. Sampai saat ini pendakian memang masih ditutup hingga batas waktu yang tak ditentukan. Akibat status waspada gunung Slamet masih belum diubah. Jika masih ada pendaki yang nekat, sudah ada pernyataan yang harus ditandatangani . Antara lain tentang pihak pengelola pendakian tidak bertanggungjawab kalau terjadi sesuatu yang mengancam keselamatan nyawa.

Untuk gunung - gunung lain, silahkan di share jika ada informasi terbaru ya...

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×