Karimunjawa

Karimunjawa, dalam bahasa Jawa yang berarti Kremun yaitu samar - samar atau kabur. Letaknya yang lumayan jauh dari pulau Jawa yang membuat pulau itu terlihat samar. Jika dari Semarang ataupun Jepara membutuhkan waktu kira - kira 6 jam dengan menggunakan perahu Speed Boat atau kapal motor cepat. Banyak penyelam yang datang untuk merasakan tantangan berenang bersama hiu di Karimunjawa.

Daya tarik lain yang dimiliki pulau ini adalah ikan berwarna - warni serta terumbu karang yang terawat dengan baik yang menambah keindahan suasana pulau tersebut. Bagi anda yang hobi memancing, Anda juga bisa melakukannya di beberapa pulau di Karimunjawa.


Untuk datang ke pulau - pulau yang ada di Karimunjawa, anda bisa menggunakan perahu nelayan. Letak pulau yang satu dengan yang lainnya pun tidak terlalu jauh sehingga dapat ditempuh dengan waktu yang singkat.Tersedia pula perahu kaca bawah ( glass bottom boat ), cocok bagi anda yang ingin menikmati keindahan terumbu karang atau ikan - ikan di dalam laut tanpa harus menyelam. Kepulauan Karimunjawa
Sejak tahun 2001, Karimunjawa resmi di ubah namanya menjadi Taman Nasional Karimunjawa. Taman Nasional Karimunjawa terdiri atas 27 pulau kecil dengan 5 pulau yang sudah berpenduduk. Pulau yang sudah berpenduduk yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Genting, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Kemujan. Sebagian besar pulau disana memiliki pantai yang berpasir putih, sehingga tampak bersih dan nyaman. Pulau - pulau terfavorit disini adalah Pulau Cemara Kecil, Cemara Besar, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, dan Tanjung Gelam.


Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar

Banyaknya pohon cemara pada Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar diduga sebagai dasar pemberian nama pulau tersebut.

Pulau Menjangan Besar

Di Pulau Menjangan Besar ini terkenal dengan penangkaran ikan hiu. Anda dapat menguji keberanian serta membuat pengalaman baru berenang bersama ikan hiu yang sudah cukup jinak dan bersahabat dengan manusia.

Pulau Menjangan Kecil

Bagi anda yang ingin mencoba snorkeling, pulau ini merupakan pilihan tepat untuk dikunjungi.

Pulau Tanjung Gelam

Keunggulan Pulau Tanjung Gelam adalah hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan. Cocok untuk tujuan berlibur dengan suasana yang tenang dan nyaman.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×