Ekspedisi Pendakian Gunung

Kegiatan Ekspedisi pendakian gunung merupakan kegiatan bagus yang harus di rancang dan dipersiapkan jauh - jauh hari dari waktu pelaksanaan, karena kegiatan tersebut membutuhkan fisik yang baik selain dari segi pendanaan yang juga harus prima. Tak banyak memang yang bisa dengan lancar mengadakan kegiatan ekspedisi pendakian gunung, walaupun gunung - gunung di Indonesia. Tetapi ada tips sedikit dari pengalaman kecil kami dalam melakukan kegiatan tersebut.


Yang pertama dan utama tentunya adalah kesiapan mental dan fisik, mulai dari jauhi perasaan dan pengertian gunung angker! Tak menyehatkan bagi petualang jika mempunyai idiom dan pandangan seperti itu. Yang ada hanya rasa takut serta ngeri pada hal yang tak jelas ada. Pendaki gunung adalah demi alam, bukan mahluk - mahluk tak kasat mata yang tak ada kepentingannya dengan para petualang alam bebas. Lalu lakukan persiapan sehat dan mengkondisikan raga agar senantiasa prima.

Lalu kenali medan yang hendak di kunjungi, seperti saat kami, Belantara Indonesia melakukan Ekspedisi tiga gunung , banyak hal yang kami cari, baik referensi dari Internet maupun informasi dari kawan pendaki lain yang pernah menapakkan kaki di gunung - gunung yang akan kami sambangi. Ini penting, pengenalan medan bisa menimbulkan rasa percaya diri. Tak akan bisa bebas kaki melangkah jika kita misalnya tak mengetahu kondisi dan medan Semeru misalnya.

Siapkan perbekalan dan akomodasi lengkap, seberapa lama nanti kita akan berada di tengah alam. Termasuk menghitung jumlah dan besar dana, dengan mengetahui rute perjalanan yang kita tempuh. Dan jika memungkinkan kita bisa melibatkan sponsor, sehingga sedikit banyak kita bisa menghemat masalah keuangan dan juga peralatan.

Seperti pengalaman kami, saat melakukan kegiatan ini, mendaki mulai dari Semeru, kemudian Agung dan terakhir Rinjani, rata - rata masing - masing gunung kami menghabiskan waktu paling sedikit 2 minggu, karena banyak hal, antara lain, kami berusaha menikmati alam di kesempatan yang jarang bisa kami dapatkan, sehingga semisal di Semeru, sengaja kami berlama - lama di Ranu Gumbolo menikmati megahnya alam Semeru. Apalagi di Rinjani, selain di gunung, waktu kami banyak tersita di Basecamp dadakan, karena ada orang yang baik yang mau menampung kami. ( Terima kasih Mama Rosa ).


Sederhana bukan dalam melakukan persiapan ekspedisi pendakian gunung? Tentu ada lagi faktor yang harus di persiapkan, tetapi faktor - faktor di atas adalah utama. Silahkan berekspedisi ya sahabat alam.

Nb:  Bagi rekan alam dari Surabaya yang saat ini berada di Gunung Arjuno , selamat bertualang dan pulang dengan selamat. Salam Rimba Indonesia!

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×