Gunung Galunggung

Gunung Galunggung yang berdiri gagah di Jawa Barat, sekitar 17 km dari kota Tasikmalaya, tepatnya di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya memiliki ketinggian 2.1673 mdpl. Galunggung merupakan gunung berapi aktif yang bisa di tempuh dengan relatif mudah, bisa dengan kendaraan pribadi maupun dengan menyewa dari kota Tasikmalaya dan jalan menuju kesana merupakan jalan desa yang kecil, jalan berbatu dan sedikit rusak.

Gunung Galunggung menyuguhkan keindahan alam yang sangat indah. Kawah bekas letusan terasa seperti danau. Di kejauhan terlihat sebuah pulau kecil, dan dapat kita lihat ikan - ikan berenang di danau ini. Dari atas gunung galunggung ini kita juga dapat menyaksikan pemandangan alam dari ketinggian. Udaranya sejuk. Dan angin bertiup cukup kencang.

www.belantaraindonesia.org
Kawah Galunggung
Jika anda berminat untuk turun terdapat jalur, yang dinamakan tanjakan Zorro, karena bila dilihat tanjakan ini membentuk huruf Z. Namun berhati - hatilah, karena tanjakan Z ini terdiri dari pasir - pasir vulkanik yang sangat gembur.

Apabila anda berniat untuk menggunjungi gunung Galunggung, jangan takut susah. Karena gunung ini sudah sangat user friendly, terdapat 620 anak tangga dibuat untuk memudahkan para penggunjung mencapai bibir kawah. Ada baiknya untuk membawa bekal dari rumah.

www.belantaraindonesia.org
620 anak tangga menuju puncak Galunggung
Untuk menuju Kawah Gunung Galunggung dapat di tempuh dari Obyek wisata Taman rekreasi air panas Cipanas Galunggung yang merupakan kawasan wisata air panas yang terletak di kaki gunung Galunggung. Taman rekreasi air panas Cipanas Galunggung terletak sekitar 20 km barat laut kota Tasikmalaya. Untuk mencapai tempat ini dengan menggunakan angkot dari Terminal bus Tasikmalaya menuju Bantar melalui Jalan Raya utama, dan dari Bantar naik ojek ke kawasan air panas sejauh 14 km melalui jalan yang bergelombang.

Dari Taman rekreasi air panas Cipanas Galunggung ini wisatawan dapat meneruskan perjalanan mengikuti jalan kecil kesebuah air terjun kecil dan terus ke kawah Gunung Galunggung sejauh 3 km.

Perjalanan mendaki ke kawah tidak terlalu sukar namun pemandangannya kurang menarik. Terdapat tangga yang seperti gambar di atas terbuat dari semen untuk menuju kelokasi Kawah Gunung Galunggung.

www.belantaraindonesia.org
Puncak Galunggung
Setiba di wilayah puncak pun banyak pedagang makanan yang memudahkan kita untuk mengisi perbekalan dan cukup mengenyangkan. Silahkan kunjungi Galunggung.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×