Karakteristik Gunung Rinjani

Hutan di gunung Rinjani merupakan termasuk jenis hutan heterogen dan homogen pada daerah - daerah tertentu. Pada ketinggian 1000 - 2000 mdpl kita dapat menemui tumbuh - tumbuhan jenis beringin, garu, bayur dan perkebunan penduduk yang ditanami sayur - sayuran seperti kol, cabai, bawang dan kentang. Dan pada ketinggian 2000 - 3000 mdpl vegetasi yang dominan adalah cemara gunung. Pada ketinggian 3000 mdpl ke atas hanya terdapat jenis rumput - rumputan dan bunga Edelweis.

Salah satu keeksotisan Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak yang terbentuk secara vulkanik akibat letusan Gunung Rinjani. Danau ini terletak di ketinggian 2800 mdpl, kaya akan ikan – ikan maupun flora fauna lain. Kekayaan danau ini sering dieksploitasi oleh penduduk setempat dengan mengambil ikan - ikannya.

Namun satu yang perlu dicatat disini adalah adanya kearifan lokal penduduk setempat sehingga eksploitasi tidak sampai menimbulkan kerusakan lingkungan. Ikan - ikan yang banyak terdapat di danau ini adalah ikan mas, mujair dan ikan harper.

Segara Anak Rinjani
Danau Segara Anak dipercaya oleh masyarakat sekitar mempunyai tuah yang dapat menyembuhkan penyakit, juga untuk pemujaan mendapatkan benda – benda yang sakti. Di dekat Danau Segara Anak terdapat gunung kecil yang disebut Gunung Baru. Jarang orang yang bisa ke puncak Gunung Baru tersebut walaupun menurut informasi sudah ada jalur menuju kesana.

Bisa jadi hal ini disebabkan karena Gunung Baru tersebut masih aktif dan mengeluarkan gas. Gunung Rinjani bisa dikatakan aman dari ancaman binatang buas. Burung, monyet yang bergelantungan dan ayam hutan yang kerap dijumpai di hutan.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam, sampailah di Pelawangan ( punggungan gunung ) Sembalun Lawang. Lokasi yang ditumbuhi cemara gunung ( Casuarina junghuniana ) ini merupakan pos pendakian terakhir sebelum menuju puncak.  

Pelawangan Sembalun Lawang terletak persis di lereng penyangga Danau Segara Anak. Walhasil, sembari istirahat, pendaki bisa sepuasnya menyaksikan keeksotisan danau raksasa yang terbentuk secara vulkanik akibat letusan Gunung Rinjani. Sayangnya cuaca di ketinggian ini sangat mudah berubah.

Serangan kabur dingin bisa datang mendadak menggantikan cuaca panas menyengat. Tak jarang angin badai mampu merobek bahkan menerbangkan tenda. Namun, pesona sunrise dan sunset menjadi momen yang tak terlupakan seumur hidup.

Rinjani
Periode paling baik perjalanan mendaki Gunung Rinjani 4 hari 3 malam atau 5 hari 4 malam, jika anda ingin melintasi atau mengelilingi disudut puncak gunung Rinjani, anda harus menginap di Pelawanagan Timur, bila ada waktu naik kepuncak Gunung Rinjani 3.726 meter maka di kenai biaya tambahan atau optional to go summit, kita bangun jam 03.00 pagi dari Pelawangan Timur atau dari Danau Segara Anak perjalanan kepuncak sampai pada jam 06.00 pagi sambil melihat sunrise ( matahari terbit )

Begitu indah, melihat kawah Gunung Baru dan alam sekitarnya, selama 15 menit atau lebih kita berada di puncak tertinggi dan jangan lupa membawa kamera atau lainnya buat kenang - kenangan, kita akan turun kembali menuju ke Pelawangan sampai pada jam 08.00 pagi, selama 30 menit mengemas tenda dan alat - alat dapur lainnya, kemudian kita turun lagi dengan perlahan dan secara hati - hati banyak batu kerikil berkisar hanya 500 meter.

Para pendaki harus lincah menuruni lereng cadas dengan kemiringan berkisar 40 - 80 derajat. Yang patut diperhatikan ialah resiko reruntuhan batuan yang membahayakan jiwa pendaki. Sepanjang perjalanan menuju Danau Segara Anak mencapai waktu kurang lebih satu jam, anda dapat beristirahat di tenda pesisir Danau sambil melihat - lihat Gunung Baru dan alam di sekitarnya.

Oleh karena cuaca cukup dingin anda dapat mandi di tempat air panas agar tulang kita lebih kuat dan panjang umur, ini menurut versi oleh orang - orang di Gunung, pada umumnya oleh orang - orang yang pernah bersemedi dan juga oleh orang - orang melakukan upacara "Pekelem" oleh umat Hindu diadakan dalam setahun sekali di sekitarnya.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×