Wisata Pantai Anyer

Pantai Anyer terletak di Cilegon Banten yang tak jauh lagi dari Jakarta. Pantai Anyer terkenal dengan pantai berpanorama pasir putih yang mempesona, sehingga selama ini menjadi alternatif untuk mengisi waktu senggang atau liburan. Dan Pantai pasir putih Anyer mempunyai perbedaan yang jelas di bandingkan pantai - pantai lain di pulau Jawa. Selain kondisi alam yang masih asri, juga letak pantai yang menghadap ke arah barat, sehingga jika sore menjelang, akan menghadirkan panorama matahari terbenam ( sunset ) yang memukau.


Sapuan lembayung sinar matahari membekas tergradasi di horizon laut. Kegiatan menikmati lembayung di langit ini tidak kalah menarik dengan yang ada di pantai - pantai di Pulau Bali. Beberapa pantai di Anyer yang dibuka untuk umum, antara lain Pantai Karang Bolong, Pantai Bandulu, Pantai Cibereum, Pantai Karang Kitri, Pantai Pasir Putih Anyer, Pantai Batu Deung, dan Pantai Karang Suraga. Wisatawan yang berkunjung ke pantai - pantai umum tersebut hanya perlu merogoh uang sekitar Rp 5.000 - Rp 10.000 per orang. Sementara itu, khusus untuk wisatawan yang menginap di cottage dan hotel bisa langsung menikmati pemandangan pantai. Sebab, biasanya di setiap cottage dan hotel sudah memberikan bonus keindahan pantai dan pasir putih untuk para tamu.

Bagi yang membutuhkan fasilitas seperti banana boat, jangan khawatir, pihak pengelola di cottage bersedia mencarikannya untuk anda, atau jika tidak keberatan anda tinggal ke pantai di sana, ada beberapa nelayan setempat yang menawarkan jasa penyewaan banana boat dengan harga Rp 150.000 untuk lima orang.


Batu Karang
Lebih dari 30 kilometer garis pantai yang terbentang dari mercusuar di bagian utara hingga Karang Bolong di bagian selatan Pantai Anyer, sebagian besar berbatu karang. Hanya beberapa tempat yang memiliki pantai berpasir landai. Jika bosan bermain di lokasi penginapan, wisatawan bisa mengunjungi Karang Bolong dan Rawadanau. Di Karang Bolong ada gugusan karang besar yang berlubang di bagian bawahnya. Karang itu membentuk goa yang berlatar pantai lepas. Untuk menikmati keindahan karang ini, pengunjung akan dikenakan tarif Rp 5.000 per kepala. Di sekitar lokasi Karang Bolong ini juga terdapat pasar suvenir dan oleh - oleh.

Sementara itu, lokasi Rawadanau berada di jalur alternatif Serang - Padarincang-Mancak - Cinangka - Anyer. Rawadanau adalah situs rawa purba seluas 2.500 hektar yang berada di pegunungan.

Kunjungan ke Pantai Anyer akan semakin bermanfaat jika menyempatkan datang ke Pos Pemantauan Gunung Anak Krakatau di Pasauran, sekitar sepuluh kilometer dari Karang Bolong. Selain bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari titik terdekat, di tempat itu ada petugas yang bersedia menjelaskan seputar Gunung Anak Krakatau. Aktivitas anak gunung dari hasil letusan 1883 itu bisa jadi objek wisata yang menarik. Terutama, ketika anak gunung itu mengeluarkan lavanya di puncaknya. Pemandangan itu akan terlihat menarik pada malam hari.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×