Penakluk Puncak Gunung

Penakluk puncak gunung adalah sebutan bagi seseorang pendaki gunung yang berhasil mencapai puncak. Itu yang selama ini sering menjadi penyebutan atau gelar tak resmi atas jerih payahnya mendaki dan menyusuri gunung. Bangga dan merasa terhormat jika disebut sebagai sang penakluk puncak tinggi di gunung. Kemudian yang menjadi pertanyaan, apa yang telah ditaklukkan? Bila jawabannya puncak gunung, benarkah puncak tersebut takluk? Apa tanda takluknya?

Sering kita membaca berita, seorang pendaki berhasil menaklukkan puncak Semeru dan gunung - gunung lainnya. Penyebutan menaklukkan cenderung menjadi sebuah gelar yang beraroma sombong dan merasa bisa karena dia.

Sumber gambar dari Google

Yang ada kitalah yang takluk oleh keindahan dan kemegahan alam. Bukankah kita kemudian bersusah payah jiwa dan raga mendaki dan mencapai puncak gunung berarti kita sendiri yang ditaklukkan oleh gunung tersebut? Hingga kita mau mendatanginya walaupun lelah dan menyita waktu. Mengapa saat kita mencapai puncak kita dikatakan berhasil menaklukkan puncak gunung?

Jadilah pendaki gunung yang bersahaja, karena kita bukanlah yang terkuat di alam ini. Pendaki gunung bukanlah penakluk alam gunung dan puncaknya. Puaslah hingga puncak, tanpa arogan kemudian. Cukuplah dengan menjadi pendaki yang telah mencapai puncak dengan selamat.

Alam dan gunung tidak membutuhkan penakluknya, kecuali Sang Maha Penakluk, yakni Tuhan. Alam dan gunung membutuhkan pengagumnya dan pencintanya. Tidak ada satupun pendaki gunung di dunia ini yang berhasil menjadi penakluk puncak gunung. Yang ada adalah pencapai puncak dan pecinta alam yang bersahaja dan juga tulus. Pendakian gunung adalah hobby sehat dan olahraga yang hebat.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×