Bentang Alam Di Sisi Kerinci Seblat

Bentang alam di sisi Kerinci Seblat yang bisa anda kunjungi dan nikmati sebagai wisatawan ataupun sebagai pendaki gunung yang gemar berpetualang menikmati keaneka ragaman dan kekayaan alam Indonesia. Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di wilayah 4 propinsi, yakni Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan yang sebagian besar merupakan rangkaian pegunungan Bukit Barisan Selatan di Pulau Sumatera bagian tengah.

Bentang alam di sisi Kerinci Seblat:

GUNUNG KERINCI 3.805 mdpl.


Gunung tertinggi di Sumatera yang masih aktif, dapat didaki sampai puncak melalui jalan setapak dari Kersik Tuo selama 12 jam.

DANAU GUNUNG TUJUH 1.996 mdpl.


Merupakan kawah mati yang berisi air tawar seluas 1.000 Ha ( panjang 4,5 km dan lebar 3 km ), yang dikelilingi oleh 7 gunung dan merupakan danau air tawar tertinggi di Asia, dapat dicapai melalui jalan setapak dari Pelompek selama 3 jam.

BUKIT TAPAN, PADANG SATWA INUM RAYA


Merupakan padang penggembalaan dan habitat berbagai jenis mamalia besar ( gajah, harimau, rusa, tapir ) yang langsung dapat dilihat. Dari Sungai Penuh ke lokasi selama 6 - 10 jam dengan kendaraan bus dan jalan setapak.

GUNUNG SEBLAT 2.383 mdpl.


Memiliki fenomena alam yang sangat unik dengan adanya padang - padang penggembalaan yang luas dengan berbagai jenis primata, terdapat bunga raksasa Raflesia arnoldi, dapat dicapai dari Muara Aman ke lokasi dengan jalan kaki selama 12 jam.

BUKIT GEDANG SEBLAT DAN BUKIT KAYU EMBUN.


Merupakan habitat badak Sumatera, gajah dan harimau. Dapat dicapai dari Muko - muko ke lokasi dengan jalan kaki selama 10 jam.

RAWAS ULU LAKITAN.


Memiliki potensi berupa air terjun S. Ampar, air terjun S. Keruh, air terjun S. Kerali, air terjun S. Koten dengan dinding - dinding yang terjal dan arus sangat deras yang baik untuk rafting. Dapat ditempuh dari napal Licin antara 1 - 3 jam.

GUNUNG MASURAI


Terletak di Desa Sungai Lalang Kecamatan Muara Siau Kabupaten Surolangun Bangko ( 6,5 jam dari Kota Bangko ). Disini terdapat hutan hujan tropis.

GOA NAPAL LICIN DAN KASAH


Melihat kompleks goa yang kaya akan stalaktit dan stalakmit.

GRAO SOLAR, NGUAK DAN KUNYIT.


Melihat semburan air panas setinggi 15 meter dan pengamatan satwa.

LETTER W.


Melihat bunga Rafflesia dan bunga bangkai, serta kelinci sumatera.

RAWA LADEH PANJANG.


Penelitian dan Pengamatan Satwa.

WISATA BUDAYA

Melihat budaya suku Kubu yang masih tradisionil. Adat istiadat tanah Kerinci, tanah Minangkabau, tanah Bengkulu / Rejang Lebong, serta aspek seni budaya seperti pesta adat Kerinci ( Kenduri Seko ), tari - tarian klasik, pakaian adat, serta pusaka - pusaka adat. Acara pesta adat dilakukan setiap tahun sekali.

WISATA LAIN

Taman Pagar Dewa di Bukit Rantau Bitung ( Napal Licin ) dianggap sebagai tempat keramat masyarakat, Danau Kerinci, Danau Depati empat, Rawa Bento, Air Panas Semurup, Air Panas Ketenong, pengambilan emas secara tradisional di Ketenong, Goa Napal Licin di Kecamatan Rawas Ulu ( Sumatera Selatan ), Muara Sako ( Sumatera Barat ) Pusat latihan gajah ( PLG ) di Ipuh, Pusat Kerajinan Tangan Rotan di Sungai Tutung, Kerajinan Batu Akik di Bengkulu dan Bangko, Pusat Kerajinan Pakaian Tradisional di sungai Penuh dan daerah pesisir. Terdapat kepercayaan masyarakat bahwa di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat terdapat makhluk dengan ciri - ciri pemalu, berjalan tegak, tidak berekor dan penuh misteri yang sering disebut sebagai "orang pendek" dan "sigung" sebagai penguasa hutan.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×