Maha Luasnya Alam Semesta

Maha luasnya alam semesta sulit kita bayangkan, tetapi dengan ilmu pengetahuan, semua itu menjadi mungkin kita ketahui. Apabila selama ini kita merasa sombong di bumi ini, ketahuilah, ternyata tidaklah pantas kita sombong jika kita telah mengetahui maha luasnya alam semesta ini. Bersujudlah pada Sang Pencipta dan bertasbihlah. Ternyata kita, manusia hampir tiada artinya di bumi dan semesta ini.


Cobalah, pandanglah kelangit, teroboslah awan dan tembuslah atmosfer, lihatlah apa yang ada disana ? Disana ada alam semesta yang sangat luas, ada planet - planet dan bintang - bintang. Dan tahukah anda planet apa yang terbesar dalam sistem tata surya kita? Ya, jawabannya adalah Jupiter. Ahli di bidangnya telah mengukur besar dan kecilnya planet dalam tata surya kita.

Kemudian, apakah yang terbesar dalam tata surya kita, di dalam Galaksi Bima Sakti atau Milky Way yang merupakan pusat tata surya kita? Dialah Matahari. Matahari adalah yang paling besar yang dekat dengan bumi, sekitar 150 juta km.


Anda mungkin sudah mengetahui bom atom? Atau bom nuklir? Anda mungkin sudah tahu bagaimana bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, atau Tsar Bomba - nya Uni Soviet yang apabila meledak menghasilkan awan jamur setinggi 34000 kaki atau 10,363 km dengan diameter bola api berkilo - kilo meter dan dengan suhu yang mampu melelehkan baja sekuat apapun dan suara gemuruh ledakannya bisa sepanjang 49 menit lamanya, bom ini setara dengan 50 000 000 ton bahan peledak TNT yang diledakkan secara bersamaan. Nah antara bom nuklir dan Matahari sama - sama melakukan reaksi Thermonuklir. Dan reaksi yang terjadi di Matahari puluhan bahkan ratusan kali lipat lebih dasyat dari pada hanya sekedar Tsar bomba, dan hal itu berlangsung setiap hari, setiap saat, dan sampai saat ini.

Bayangkan betapa besarnya malapetaka yang terjadi kalau Matahari meledak sedangkan bumi hanya berjarak kurang lebih 150 juta km dari Matahari, jika Tsar Bomba sudah seperti itu apalagi matahari. Ingatlah apabila Allah Swt berkehendak apapun pasti bisa terjadi. Kira - kira adakah yang lebih besar lagi dari Matahari? Tentu saja ada. Terawanglah lebih jauh lagi, menjelajah jarak dalam tahun cahaya, menembus sejauh ilmu pengetahuan manusia.


Ternyata masih ada lagi yang lebih besar daripada Matahari, namanya bintang Sirius, bisa dilihat perbandingan diatas. Dalam perbandingan ini kita gunakan satuan radius Matahari. Radius adalah setengah dari diameter. Ingat 1 radius Matahari = 695 500 kilometer. Masihkah ada yang lebih besar?

Ternyata masih ada bintang pollux

Pada gambar diatas planet bumi sudah tidak terlihat lagi
Ada aldebaran, rigel dan ada juga Betelgeuse yang berukuran antara 880 sampai 1000 radius ( tinggal kalikan 695 500 km ) Mari terus lihat perbandingan di bawah ini.

Sekarang mari kita lihat perbandingan ukuran VY Canis Majoris diatas. VY Canis Majoris merupakan bintang terbesar yang pernah di identifikasi oleh manusia dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya. VY Canis Majoris memiliki ukuran antara 1800 sampai 2100 radius.

Ingat, perbandingan diatas tidak mewakili keadaan sebenarnya karena kemampuan manusia yang terbatas, mungkin antara gambar satu dengan yang lain salah dalam perbandingan besarnya atau berbeda sumber akan mengatakan ukuran yang berbeda antara bintang satu dengan bintang lainnya. Tapi intinya mereka adalah benda yang besar, sangat besar.

Dan silahkan dibayangkan seandainya bintang - bintang tersebut meledak layaknya Tsar Bomba, bisa? Sekarang mari kita lihat perbandingannya dengan Matahari kita.


VY Canis Majoris merupakan bintang terbesar yang ada di tata surya kita ( Milky Way ) yang pernah teridentifikasi oleh manusia. Perkiraan ukuran bintang ini adalah 2000 x 695 500 km = 1 391 000 000 km. Mari kita bandingkan volumenya. Jika volume bintang ini kita isi dengan benda sebesar planet bumi maka dibutuhkan sekitar 7,000,000,000,000,000 ( 7 × 1015 atau 7 quadrillion ) planet sebesar bumi. Sekarang mari kita bandingkan dengan satuan tertentu.

Jika bumi diwakili dengan sebuah bola yang mempunyai ukuran diameter sebesar 1 Centimeter maka matahari setara dengan bola berukuran diameter 109 centimeter. Dan VY Canis Majoris setara dengan bola yang berukuran kurang lebih 2,3 kilometer atau 230000 centimeter. Berapa besarkah benda ini ? Tetapi masih adakah bintang yang lebih besar lagi?


Setiap titik pada gambar ini semuanya adalah galaksi. Setiap galaksi berisi kurang lebih 1 triliun bintang ( 1 000 000 000 000 ). Setiap bintang kemungkinan memiliki sistem planet tersendiri. Dan ada lebih dari 10 000 galaksi hanya dalam foto diatas. Padahal...


Sekarang bayangkan Maha Luasnya Alam Semesta ini. Besar dan luas bukan? Dan seberapa besarnya Sang Penciptanya? Kemudian untuk apa kita masih sombong?

Inspirasi: Clafro

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×