Super Sherpa Di Himalaya

Super Sherpa di Himalaya adalah sebuah julukan bombastis dan pantas di sandang oleh seorang Sherpa yang tinggal dan hidupnya di wilayah pegunung Himalaya, dimana puncak tertinggi di dunia, Gunung Everest berada.

Dengan ketinggian 8.848 Mdpl, Everest memang menjadi tantangan tersendiri untuk berusaha di gapai puncaknya. Entah sudah berapa banyak tim pendaki yang menuju kesana, namun keinginan tersebut tidak pernah padam, dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Super Sherpa Di Himalaya

Apabila pendaki atau tim pendaki hanya satu atau dua kali menjejakkan kaki di puncak Everest, tidak demikian halnya dengan seorang pria yang akan kami tuliskan berikut ini. Sedikit mengingatkan, pendakian ke puncak Everest hampir tidak mungkin dilakukan tanpa bantuan Sherpa.

Sherpa adalah sekelompok kecil masyarakat Himalaya yang bekerja sebagai pemandu dan pembawa logistik selama pendakian. Bisa dikatakan, Sherpa adalah kuda beban sekaligus kompas navigasi.

Namun sayangnya, peran Sherpa tidak pernah di publikasikan dalam kesuksesan sebuah pendakian. Yang di ekspos hanyalah kisah sukses seorang pendaki atau tim pendaki yang membawa pesan sponsor. Padahal, sepanjang umur sang pendaki, mereka mungkin hanya satu kali mencapai puncak Himalaya .

Adalah seorang Sherpa bernama Apa, yang berasal dari Nepal. Pada awal tahun 2011 ini, Sherpa Apa telah menjejakkan kakinya di puncak Everest untuk ke 21 ( dua puluh satu ) kali. Sebuah rekor yang tidak mungkin dapat dicapai oleh seorang pendaki gunung profesional sekalipun.

Super Sherpa Di Himalaya

Menurut berita yang di rilis oleh Discovery News pada tanggal 11 Mei 2011, Sherpa Apa memimpin lima pendaki lainnya yang tergabung dalam tim Eco Everest Expedition 2011 dan berhasil mencapai puncak Everest .

Tim Eco Everest Expedition 2011 mengusung misi khusus dalam pendakian kali ini. Mereka mengkampanyekan “kesadaran tentang dampak perubahan iklim di Himalaya”. Tim pendaki juga membersihkan sekitar 4 ton sampah dalam pendakian kali ini.

Kesuksesan Apa Sherpa kali ini di capai pada usia 51 tahun, dimana dia telah menekuni profesi Sherpa sejak tahun 1990 sekaligus menandai peran penting Sherpa di Himalaya, sejak misi menggapai puncak Everest pertama pada tahun 1953 yang dilakukan oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay . Dan sejak saat itu, setidaknya telah ada sekitar 3.000 Sherpa di Himalaya dengan berbagai rentang umur, mulai dari yang tua hingga yang muda.

Super Sherpa Di Himalaya

Kini, Apa Sherpa menetap di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Dia lalu mendapat sebutan SUPER SHERPA. Tetapi belakangan, sebutan Sherpa dipakai untuk semua pemandu lokal meskipun belum tentu dari suku Sherpa.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×