16 Jam Menuju Puncak Ciremai!

Gunung Ciremai, yang berketinggian 3.078 Mdpl diapit oleh dua Kabupaten, yakni Kuningan di sebelah timur dan Majalengka di sebelah barat.

Dan apabila ingin mendaki Gunung Ciremai bisa memilih salah satu dari tiga jalur pendakian, yaitu Linggarjati dari arah timur, Palutungan dari arah selatan dan Majalengka dari arah barat.

Tentukan sendiri mana jalur yang akan dipilih menurut keadaan medan.

 16 Jam Menuju Puncak Ciremai!

Medan paling berat dan menguras tenaga dan juga sangat berbahaya adalah jalur dari sisi timur melewati Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Jarak tempuh Jalur Linggarjati kurang lebih 8 km, 90 persen jalannya terjal.

Gunung Ciremai termasuk salah satu gunung paling berat di tanah Jawa. Masyarakat setempat dan juga para pendaki menyebutnya jalur maut. Untuk mencapai puncaknya butuh waktu sekitar 12 sampai 16 jam perjalanan.

Tergantung kekuatan fisik pendaki. Gunung Ciremai memang tidak terlalu tinggi, hanya 3.078 mdpl. Namun start pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 750 Mdpl, maka perjalanan cukup panjang.

 16 Jam Menuju Puncak Ciremai!
Puncak Ciremai
Dengan demikian, sisa perjalanan menuju puncak Ciremai sekitar 2.350 meter garis vertikal atau sekitar 8 km melalui jalur.

Perlu diketahui, dari semua gunung yang ada di tanah Jawa hanya Gunung Ciremai - lah yang start pendakiannya dimulai dari ketinggian 750 Mdpl.

Jalur dakinya tidak ada jalan datar, 90 persen berjalur terjal dan sudut kemiringannya antara 70 sampai 80 derajat.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×