Cafe Internet Di Base Camp Everest

Tsering Gyaltsen seorang cucu dari Sherpa di Nepal, Gyaltsen Sherpa yang pada tahun 1953 ikut dalam Ekspedisi Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay mencapai puncak tertinggi di dunia, puncak Everest, mempunyai rencana untuk mendirikan sebuah Cafe Internet di Base Camp Everest, dan selain mendapat keuntungan dari para pendaki, juga akan menjadi Cafe Internet tertinggi di dunia.


Setiap tahun ribuan pendaki dan pecinta alam singgah di Base Camp yang terletak pada ketinggian 5303 meter. Banyak peserta ekspedisi yang pergi ke Himalaya membawa telepon satelit yang digunakan baik untuk mengakses Internet maupun untuk menghubungi keluarga di rumah.

Namun karena tidak semua orang membawa telepon satelit, sementara fasilitas telepon terdekat terletak 4 hari perjalanan di bawah, maka Tsering Gyaltsen yakin cafe Internetnya akan banyak membantu para pendaki. Ia berencana menggunakan jaringan satelit dan gelombang radio untuk akses Internet, serta memanfaatkan tenaga matahari dan generator untuk menjalankan komputernya.

Penghasilan yang diperoleh dari cafe nantinya akan dipakai dalam proyek pembersihan Everest dari ratusan ton sampah yang ditinggalkan pendaki tiap tahun.

Sherpa , seperti halnya Gurkha adalah sebutan bagi suku - suku yang bermukin di Nepal. Bila orang Gurkha dikenal karena kemampuan bertempurnya, maka orang Sherpa terkenal karena kemampuannya memandu dan kekuatannya mendaki gunung. Banyak orang Sherpa memanfaatkan bakat ini sebagai pemandu dalam pendakian gunung - gunung di Nepal.

Nepal memiliki delapan dari 14 pegunungan tertinggi di dunia. Puluhan ribu wisatawan asing yang datang mendaki pegunungan itu merupakan salah satu sumber pemasukan bagi negara tersebut.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×