Kata Siapa Mendaki Gunung Itu Berat?

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang mengandung unsur traveling yang kata sebagian orang adalah kegiatan yang berat dan juga susah. Selain hal tersebut, mendaki gunung juga hal yang merepotkan, mulai dari persiapan dan biaya yang tidak sedikit, juga tenaga serta kondisi fisik yang harus prima. Mungkin itu juga pandangan Anda saat hendak memulai sebuah pendakian gunung.

Kata Siapa Mendaki Gunung Itu Berat?
Foto: Copyright Belantara Indonesia
Meskipun tidak semua hal itu benar, namun ternyata mendaki gunung tidak berat dan susah seperti yang kita bayangkan.

Yang kita butuhkan adalah kesiapan mental dan juga pikiran yang positif mengenai perjalanan. Kita sebisa mungkin harus bisa menikmati perjalanan dalam mendaki gunung, agar perjalanan yang berat dan jauh tidak terasa.

Selain mental dan pemikiran yang positif, kawan dan teman yang mendampingi saat mendaki gunung juga bisa menjadi salah satu faktor penting.

Jika kita bersama kawan yang mengerti medan, bisa membawa lebih banyak logistik, bisa memasak, dan seru, pasti perjalanan mendaki gunung akan terasa lebih ringan.

Bayangkan jika kita bersama kawan yang selalu mengeluh, tidak asyik, dan tidak bisa apa - apa di gunung, pasti perjalanan kita akan semakin berat.

Persiapan dan pengetahuan mengenai medan juga cukup penting dalam mendaki gunung. Dengan peralatan dan persiapan yang tepat maka mendaki gunung akan semakin ringan dan mudah.

Kata Siapa Mendaki Gunung Itu Berat?

Contohnya, jika kita akan mendaki gunung dengan ketinggian 1500 Mdpl, maka kita tidak perlu membawa baju hangat berlebih atau jaket yang terlalu tebal, kita juga tidak perlu membawa kantong tidur tebal. Selain tidak akan terpakai, barang - barang ini juga akan membuat bawaan kita semakin berat.

Hal yang terakhir dan yang paling penting agar mendaki gunung terasa ringan adalah kita harus bisa menikmati perjalanan kita.

Jika kita bisa menikmati perjalanan kita, maka kita tidak akan pernah mengeluh selama perjalanan, selalu gembira, dan perjalanan tidak akan terasa berat karena kita selalu menemukan hal yang menarik dan seru selama perjalanan.

Menikmati perjalanan itu bisa dilakukan dengan cara tidak hanya terpaku pada tujuan puncak gunung saja. Jika kita amati, banyak pemandangan dan objek yang bagus selama kita mendaki gunung.

Mulai dari sungai, gua, tumbuhan, makanan, hewan, fenomena alam lain, hingga percakapan dengan teman perjalanan.

Jika kita bisa menikmati itu semua, maka tidak hanya perjalanan mendaki gunung saja yang tidak terasa berat, namun hampir semua perjalanan atau traveling yang kita lakukan akan terasa menyenangkan.  source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×