Tips Ringan Bagi Tamu Rinjani

Rinjani, gunung tinggi ketiga di Indonesia yang berada di wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat atau di bagian Indonesia bagian Timur memang memiliki pesona yang selalu diimpikan bagi pendaki dimanapun berada. Kemegahan gunung dan keelokan alamnya selalu menarik untuk dinikmati. Kondisi alamnya yang masih sangat alami, menuntut kita membawa perlengkapan yang lengkap dan matang. Nah, berikut ini Tips ringan bagi tamu Rinjani.


Minum vitamin dan bawa obat - obatan pribadi
Usahakan sebelum berangkat Anda meminum vitamin C. Seperti yang Anda ketahui vitamin C sangat baik sebagai Antioksidan yang alami dan mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bila Anda menderita penyakit khusus, sebaiknya mempersiapkan dan membawa sendiri obat - obatan yang biasa Anda konsumsi. Walaupun, tubuh Anda sedang fit ada baiknya berjaga - jaga karena sebagian daerah di Indonesia Timur masih sangat sulit untuk mendapatkan obat - obatan untuk penyakit tertentu.

Lotion anti nyamuk
Lotion anti nyamuk pastinya akan sangat berguna dalam petualangan Anda menjelajahi wilayah Rinjani di Lombok. Bagaimana tidak, daerah yang berada di timur Indonesia ini sangat terkenal dengan endemik nyamuk Anopheles. Bila Anda terkena gigitan nyamuk ini, besar kemungkinan Anda bisa terkena penyakit malaria.

Baju yang tipis
Untuk menghindari excess baggage atau kelebihan muatan ada baiknya Anda membawa baju - baju yang tipis dan lengan panjang. Hal ini bertujuan, agar bawaan Anda lebih ringkas dan ringan. Sehingga memudahkan dan tidak merepotkan perjalanan Anda.

Perhatikan makan dan minuman yang Anda konsumsi
Wilayah Rinjani relatif memiliki keadaan cuaca yang lebih ekstrim. Saat siang hari, matahari yang Anda rasakan bisa sangat terik dan panas. Sedangkan untuk malam harinya, udara akan terasa sangat dingin sekali. Oleh sebab itu, selalu sediakan air mineral atau air yang sudah dimasak dan handuk keringat guna mencegah dehidrasi.

Untuk makanan, usahakan Anda tahu betul makanan apa yang paling cocok dengan selera Anda. Bila tidak memungkinkan mendapat makanan tersebut di daerah sana, ada baiknya Anda menyiapkan langsung dari rumah. Namun, bagi yang suka dan mampu menerima menu baru, silakan mencoba makanan tradisional yang khas dari daerah Lombok.

Kamera
Wilayah di sisi Rinjani di Nusa Tenggara Barat memiliki banyak panorama alam yang khas, indah dan menakjubkan. Banyak sekali pemandangan baru yang dapat Anda temukan di sana, mulai dari sisi budaya, wisata, dan sosial. Sebenarnya, daerah Lombok dan sekitarnya sangat kaya dan tak akan habis untuk dieksplorasi. Jadi, jangan pernah tinggalkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap keindahan dan keunikan yang muncul di hadapan Anda.

Oleh - oleh atau buah tangan
Bila pergi ke Lombok, Anda bisa membeli kain tenun tradisional yang menjadi andalan daerah tersebut. Kain tenun yang unik dan cantik ini, dibanderol mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 250.000.

Di wilayah Lombok, Tembakau Shenang Lombok yang terkenal karena memiliki aroma yang khas, juga bisa menjadi pilihan oleh - oleh untuk teman dan keluarga Anda. Namun, untuk sekaran ini peminat tembakau keras sudah mulai jarang karena alasan kesehatan sehingga pamor Tembakau Shenang hanya diketahui oleh kalangan tertentu saja.

Siap menuju gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat? Jangan lupa tips ringan di atas. Wilayah Rinjani, selain menarik untuk pendakian gunung, di sisinya juga banyak tersimpan keindahan lain dari kearifan lokalnya. Selamat berpetualang!  Maromantic

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×