Suku Baduy Dalam Yang Selaras Dengan Alam

Apabila Anda berkunjung ke Baduy Dalam, ada pelajaran penting yang akan Anda dapatkan, yakni pelajaran tentang hidup. Suku Baduy Dalam yang tinggal di wilayah Banten ini hidup selaras dengan alam dan mengambil banyak makna didalamnya. Sangat jauh berbeda dengan yang Anda lihat dan rasakan di sisi Anda selama ini di wilayah perkotaan.

Photo Credit Dian Sundari Travellers
Suku Baduy Dalam tinggal di pedalaman Banten, Jawa Barat. Perjalanan menuju tempat tinggal Baduy Dalam dapat ditempuh melalui Desa Ciboleger, desa terakhir sebelum menuju Baduy Dalam. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 5 - 6 jam dengan berjalan kaki untuk bertemu dengan suku Baduy Dalam. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang hijau, udara segar, dan jalanan yang berliku.

Sebelumnya, Anda harus mendaftar di Desa Ciboleger untuk berkunjung ke Baduy Dalam. Selain itu, ada banyak jasa porter, pengangkut barang, yang siap membantu Anda. Ada beberapa peraturan yang harus Anda taati saat berkunjung ke Baduy Dalam, seperti tidak boleh berfoto, tidak boleh mendengarkan musik dengan suara keras, dilarang membuang sampah sembarangan, dan jangan berkata - kata yang tidak sopan.

Setibanya di Baduy Dalam, Anda akan disambut oleh orang - orang Baduy yang ramah. Mereka sangat bersahaja dan penuh dengan senyum. Ditambah dengan suasana alam yang hijau dan segar, Anda akan merasa betah di sana. Ciri dari Baduy Dalam adalah mereka berpakaian serba putih, yang melambangkan kesucian.

http://www.belantaraindonesia.org
Photo Credit Belantara Indonesia
Orang Baduy Dalam memang hidup selaras dengan alam. Anda tidak akan melihat secuil sampah pun di sana, baik di jalan atau di sungai sekitarnya. Selain menjaga alam, mereka juga tidak beternak binatang. Mereka percaya dengan cara tersebut akan menyakiti mahluk ciptaan Sang Hyang Kersa ( Tuhan Segala Alam ) dan mereka lebih memilih bercocok tanam.

Selain itu, di Baduy Dalam terdapat sungai besar dan memiliki dua cabang. Mereka hanya memakai satu cabang untuk kegiatan sehari - hari dan satu cabang lagi mereka biarkan mengalir untuk Baduy Luar. Mereka sangat menghormati sungai sebagai sumber kehidupan mereka, maka saat tidur mereka tidak pernah menghadapkan kaki ke sungai.

http://www.belantaraindonesia.org
Photo Credit Belantara Indonesia
Terakhir, prinsip Baduy Dalam yang bisa kita jadikan pelajaran adalah, orang Baduy tidak mau menjadi orang pintar. Mereka hanya mau menjadi orang baik, karena orang pintar bisa membodohi orang lain jika mereka tidak baik.

Ayo berkunjung ke Suku Baduy Dalam, dan dapatkan banyak pelajaran berharga untuk hidup Anda ke depannya. Source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×